Growing Up Milks Still Growing



Susu pertumbuhan (grow up milk) ternyata banyak menarik perhatian hampir semua produsen susu di Indonesia. Mereka ramai-ramai mengeluarkan produk untuk segmentasi anak dalam berbagai tingkatan usia.


Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh The Nielsen Indonesia, secara umum pertumbuhan susu bubuk secara volume adalah sebesar 6,6%, sedangkan dari segi nilai adalah 1,8%. Sementara itu, susu dengan segmen anak dari segi volume tumbuh 9,9% dan dari segi nilai tumbuh 6,9% pada 2010 ini dibanding 2009. Terlihat, bahwa pertumbuhan susu bubuk dengan segmen anak, melebihi pertumbuhan total seluruh susu bubuk.


Rasa kepedulian dari orang tua yang tinggi terhadap anak, ternyata cukup menjadi pendorong bagi pertumbuhan tersebut. Apalagi dengan strategi marketing yang tepat, produsen berhasil meyakinkan para orang tua (terutama ibu-ibu) untuk memberikan konsumsi susu secara berkelanjutan. Walau masih menjadi perdebatan, namun strategi segmentasi susu pertumbuhan berdasarkan usia tampaknya cukup efektif meraup pasar.



Tumbuh kembang otak dan tulang banyak menjadi perhatian para produsen susu untuk anak. Mereka memfortifikasi produknya dengan asam lemak esensial, terutama asam arakhidonat (AA) dan Asam Docosahexaenoat.

Kedua zat gizi tersebut ditujukan untuk mendukung perkembangan otak. Sedangkan untuk pertumbuhan fisik, kalsium menjadi komponen terpenting.Selain zat gizi ini, beberapa produsen juga melengkapi produknya dengan zat gizi lain seperti FOS (fruktoologosakarida) dan GOS (galaktooligosakarida) sebagai sumber prebiotik, bakteri probiotik seperti Lactobacillus sp., karoten sebagai antioksidan, nukleotida untuk meningkatkan fungsi imun, dan sebagainya. Takaran fortifikasi disesuaikan berdasarkan usia.

Menurut The Nielsen Indonesia (Tabel 1), ada 4 segmentasi produk susu di Indonesia yakni untuk bayi, anak-anak, dewasa, dan wanita hamil/menyusui. Susu pertumbuhan berada pada kategori susu bayi (tahap 1 dan tahap 2), dan kategori anak-anak (tahap 3, 4, dan 5).

Produsen susu pertumbuhan di Indonesia cukup bervariasi, misalnya Nestle dengan Dancow 1+, Dancow 3+, dan Dancow 5+; Frisian Flag dengan Bendera 123 dan Bendera 456; Sari Husada dengan SGM 2, SGM 3, dan SGM 4; Nutricia dengan Bebelac dan Nutrilonnya; serta lainnya.



The Nielsen Indonesia (2010) mengungkapkan bahwa Dancow, Bendera, SGM, Bebelac, dan Nutrilon masuk dalam top 5 brands susu segmen anak di Indonesia. Kemudian diikuti oleh Child kid, Pediasure, Sustagen, Procal, dan Enfagrow. Dua merek milik Nutricia, yakni Bebelac dan Nutrilon cukup menarik perhatian, karena selama 2009 pertumbuhannya adalah yang tertinggi dibanding merek-merek lainnya, yakni untuk Bebelac mencapai 46,4% dan Nutrilon mencapai 20,2%.

Hendry Noer F.



(FOODREVIEW INDONESIA Edisi Desember 2011)

Artikel Lainnya

  • Jan 17, 2019

    Potensi Menjanjikan Daun Kopi

    Selama ini pemanfaatan tanaman kopi secara komersial masih terbatas  pada pengolahan biji kopi menjadi minuman seduh. Untuk meningkatkan produktivitas kopi, teknik budidaya yang penting dilakukan adalah pemangkasan. Pemangkasan bertujuan untuk mengoptimalkan produksi dan mempermudah pengambilan hasil (panen), menjaga agar pohon tetap rendah sehingga perawatannya mudah, membentuk cabang produksi baru, serta mempermudah pengendalian hama dan penyakit.  ...

  • Jan 16, 2019

    Kolaborasi dalam Sistem Rantai Nilai Pangan Berkelanjutan

    Sistem rantai nilai pangan berkelanjutan tidak akan berjalan tanpa kerja sama antara petani kecil, pelaku industri, pemerintah, dan institusi riset. ìSemua tantangan ini bisa kita jawab secara bersama-sama, untuk itu kita semua perlu untuk lebih terbuka dalam berkomunikasi, ujar Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan), Kuntoro Boga Andri. ...

  • Jan 16, 2019

    PT Abadi Nusa: Optimalkan Layanan Setelah Penjualan

    Proses atau layanan setelah penjualan (after sale services) merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen jika akan membeli atau menggunakan suatu alat analisis. Rumit dan kendala teknis sering menjadi salah satu faktor terbesar untuk memperoleh layanan setelah penjualan.  ...

  • Jan 15, 2019

    Potensi Kearifan Lokal Indonesia

    Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pangan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Benny Pasaribu menegaskan bahwa Indonesia perlu fokus dalam membenahi agrobisnis utamanya dalam mendukung produksi bahan baku industri dari dalam negeri dengan memanfaatkan teknologi tepat guna sekaligus kearifan lokal. Kekayaan budaya Indonesia yang masih dilestarikan hingga kini menjadi sebuah optimisme dalam mengembangkan berbagai produk pangan berdaya saing global.  ...

  • Jan 14, 2019

    Menggali Keunggulan Kompetitif dan Komparatif Industri Pangan

    Industri pangan memiliki nilai ekspor terbesar dalam kelompok hasil industri. Data Kementerian Perindustrian menunjukkan nilainya mencapai 26.27 juta USD pada 2016. Tantangan nyata bagi agroindustri Indonesia adalah bagaimana meningkatkan keseimbangan perdagangan agroindustri, yakni membuat nilai ekspor lebih besar dari nilai impor ...

Finasterid Generika 1mg cialis super active online Lida Daidaihua Inhaltsstoffe Original Viagra Use Generisk finasterid ED Packs Levitra Original Kamagra Effervescent Tablets Meizitang soft gel original version Propecia For Hair Loss Viagra 50mg Generic Levitra (Vardenafil) 20mg Lida Daidaihua Lida Daidaihua Meizitang funziona Original Viagra Pills Pacchetto di prova generici Lipitor Generika Kamagra Super ingredientes activos Meizitang in Ireland