Kertas Food Grade Mendukung Keamanan Produk Pangan

 

Salah satunya adalah yang dilakukan oleh PT Cakrawala Mega Indah (CMI) yang memproduksi kertas khusus untuk produk pangan, dengan brand Foopak. Perusahaan dalam grup Sinar Mas ini memproduksi kertas food grade sekaligus untuk mengurangi masalah pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh plastik. ”Kami ingin membantu masalah tersebut dengan memproduksi kemasan makanan yang ramah lingkungan, dan aman untuk kesehatan,“ jelas Head of product Entrepreneur Department PT Cakrawala Mega Indah Anil Kumar Sharma dalam kesempatan bincang-bincang dengan FOODREVIEW INDONESIA. Sejak dua tahun lalu, tambahnya, FooPak yang memiliki empat kategori produk tersebut diproduksi secara bertahap, agar kesiapannya di pasar dapat dirancang dengan matang.
 
Product Manager-Fine paper Department PT CMI Yulina Waty menambahkan, bahwa empat kategori Foopak tersebut adalah moisture proof paper, heat sealable paper, paper cup, dan grease proof paper. Keempat kemasan ini mempunyai fungsi dan kelebihannya masing-masing.
 
Moisture proof paper secara khusus dirancang untuk aplikasi kemasan beku, yang juga dapat dipanaskan dalam oven pada 1030C selama 10 menit. Kelebihan kemasan ini adalah food grade, dapat diaplikasikan pada kemasan pangan yang disimpan pada refrigerator dengan rentang suhu yang lebih luas. Kemasan ini cocok untuk produk kemasan seperti sandwich, atau ice cake boxes. Adapun Heat sealable paper,merupakan kertas yang khusus dirancang tanpa lapisan PE, dan tentu saja food grade. Kemasan ini cocok diaplikasikan pada paper plates, atau sandwich packaging. Heat sealable paper ini belum mempunyai segmen pasar di Indonesia. Kertas ini lebih banyak beredar di pasar Eropa, Yulina menambahkan, heat sealable paper mampu menyimpan makanan dalam waktu 3 hari dalam kondisi tetap fresh.
 
Kategori kemasan berikutnya adalah paper cup, yang merupakan kertas dasar yang dirancang untuk aplikasi gelas kertas, yang umum digunakan pada paper cups, noodle cup, coffee cup dan paper plates. Kertas food grade yang khusus dirancang untuk produk pangan yang berminyak atau berlemak yakni grease proof paper yang cocok sebagai wadah makan siang, bungkus burger, wadah french fries atau wadah untuk chips.
 
Kontrol ketat proses produksi
 
Kertas food grade diproduksi secara khusus agar memenuhi persyaratan FDA (AS) maupun ISEGA
Pentingnya keamanan pangan serta produksi pangan yang bersifat lebih ramah lingkungan telah mendorong banyak industri untuk menyediakan suatu produk yang mendukung ke arah itu.
Kertas Food Grade Mendukung Keamanan Produk Pangan
(Uni Eropa). Product Entrepreneur Manager Corporate Marketing PT CMI, Ramdes Pera menjelaskan, semua kertas yang diproduksi terbuat dari kayu yang dijadikan pulp. Pulp tersebut diolah di mesin kertas, sehingga terbentuklah lembaran kertas. “Semua produk kertas ini spesial, oleh karena itu dibutuhkan perlakuan khusus dan kontrol yang sangat ketat, misalnya bahan yang dipakai menggunakan warna asalnya, seperti putih keruh atau warna pulp, pemakaian bahan tambahan pun harus diperhatikan, karena harus memenuhi syarat sebagai produk food grade,” kata Ramdes sembari menegaskan proses produksi yang detail tersebut untuk memastikan tidak adanya proses migrasi ke dalam produk pangan yang dikemas. FRI-14
 
(FOODREVIEW INDONESIA Edisi Januari 2011)

Artikel Lainnya

  • Feb 20, 2018

    Penambahan Garam Tingkatkan Pelepasan Flavor Produk

    Ingridien dalam fase air lainnya yang berpengaruh pada pelepasan flavor adalah garam. Ingridien ini secara umum dikathui dapat meningkatkan persepsi flavor melalui peristiwa salting-out, yaitu penambahan garam akan menurunkan kelarutan senyawa utama terhadap air dalam larutan. Pada komponen flavor yang hidrofilik, salting-out dapat menurunkan  jumlah molekul air yang tersedia untuk melarutkan komponen flavor tersebut. Sementara itu, pada komponen flavor yang lipofilik, adanya salting-out dapat menurunkan konsentrasi komponen flavor dalam fase air dan membuatnya lebih banyak berada dalam fase minyak dan kemudian berubah menjadi fase gas. Hal ini menyebabkan konsentrasi garam yang tinggi akan memberikan efek pada meningkatan pelepasan flavor.  ...

  • Feb 19, 2018

    Pemilihan Warna Pangan sebagai Alat Pemasaran

    Saat ini warna juga menjadi salah satu dari alat pemasaran.  Hasil survei pasar menunjukkan bahwa 97% merek produk pangan menggunakan pewarna untuk mengindikasikan flavor. Warna digunakan dalam pemasaran dengan sejumlah alasan seperti menutup warna yang tidak diinginkan, lebih menarik konsumen, menutup degradasi warna alami selama distribusi dan penyimpanan, dan lainnya. Tingkat penjualan produk juga dipengaruhi oleh warna. Sebagai contoh, produk saos yang diproduksi industri besar mengalami peningkatan yang dramatis setelah diberi tambahan warna sehingga warna produk menjadi tidak pucat lagi. Demikian pula, produk minuman cola yang tidak berwarna ternyata gagal di pasar. ...

  • Feb 17, 2018

    Pembentukan Flavor Karamel pada Cokelat Crumb

    Hal yang penting dalam pembuatan cokelat crumb adalah reaksi Maillard dan kristalisasi gula. Reaksi Maillard menggabungkan gula dan gugus asam amino (Gambar 2). Apabila susu dengan kadar air yang rendah(20-30%) dipanaskan, maka akan terjadi reaksi kimia yang menyebabkan terbentuknya warna cokelat dan mempunyai ìrasa karamelî. Flavor karamel ini adalah penggabungan reaksi antara protein(gugus amino) dan gula pereduksi golongan karbonil. Laktosa dalam susu adalah senyawa gula pereduksi. Flavor yang dihasilkan dari proses ini berbeda dengan flavor yang dihasilkan dengan pemanasan gula biasa, yang menghasilkan karamel juga. ...

  • Feb 12, 2018

    Kayu Manis sebagai Sumber Senyawa Flavor

    Dimas & Koen (2017) menjelaskan bahwa bagian-bagian kayu manis seperti kulit kayu, daun, ranting, kayu, dan buah dapat dengan mudah digunakan untuk produksi minyak folatil dengan metode distilasi dan oleoresin dengan solvent extraction. Oleoresin merupakan konsentrat ekstrak dari rempah atau herba aromatik yang diperoleh dari perlakuan pertama rempah dengan pelarut dan kemudian mengilangkan pelarut tersebut. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa perbedaan spesies kayu manis ...

  • Feb 10, 2018

    Flavor Umami dan Kokumi pada Produk Pangan

    Secara sensoris, baik umami maupun kokumi mempunyai kemampuan untuk meningkatkan cita rasa suatu produk pangan. Umami berperan dalam meningkatkan cita rasa ke-empat rasa dasar sedangkan kokumi meningkatkan rasa asin dan umami itu sendiri. Secara tidak langsung, kokumi dapat menguatkan rasa umami pada produk pangan. Penelitian di Jepang mengenai kokumi menyatakan bahwa senyawa kokumi, meningkatkan rasa dasar dan menstimulasi respon sel reseptor calcium-sensing (CaSR) (Maruyama dkk., 2012).  ...