Deklarasi Perlindungan Konsumen

Perlindungan konsumen tidak dapat berjalan hanya dengan mengandalkan peran pemerintah dalam membentuk peraturan dan penegakan hukum melalui berbagai aktivitas pengawasan barang. Pelaku usaha sebagai mitra pemerintah harus berperan serta dalam menegakkan perlindungan konsumen melalui edukasi dan self regulation.

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memfasilitasi Deklarasi Pelaku Usaha Peduli Perlindungan Konsumen. Pelaku usaha tersebut adalah : Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN); Asosiasi Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI); Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO); Asosiasi Kliring Interkoneksi Telekomunikasi (ASKATEL); Asosiasi of the Indonesia Tour and Travel Agencies (ASITA); dan Asosiasi Perusahaan Pemberdayaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Pembacaan teks Deklarasi tersebut dilakukan oleh Adhi Lukman Ketua Umum GAPMMI didampingi deklarator lain dan disaksikan oleh Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi dan Kepala BPKN Suarhati Hadad. Deklarasi yang dilaksanakan 13 Desember 2011 di Hall Senayan City bertujuan membangun kesetaraan posisi dalam hubungan konsumen dengan pelaku usaha, memperkuat tanggung jawab pelaku usaha dalam perlindungan konsumen, serta membangun transaksi konsumen dengan pelaku usaha yang berkeadilan. Deklarasi ini merupakan self declaration terhadap penegakan perlindungan konsumen. Self regulation sebagai bentuk pengaturan sendiri oleh pelaku usaha dan ditetapkan bersama seyogyanya dilandasi oleh itikad baik untuk memajukan perlindungan konsumen di Indonesia. Deklarasi ini diharapkan menjadi langkah awal dan memberikan dampak besar untuk diikuti oleh pelaku usaha lainnya.

Sedangkan pada serangkaian diskusi sebelumnya telah menyepakati Hari Konsumen Nasional pada 20 April 2011 dan menunjuk Tasya Kamila sebagai Duta Konsumen Cerdas. BPKN juga telah mengadakan Seminar “Survey Opini Konsumen”. Dari survey tersebut ditemukan fakta bahwa : tingkat awareness, kepedulian dan pemahaman masyarakat tentang UU Perlindungan Konsumen rendah, konsumen memiliki persepsi UUPK itu penting dan memang dibutuhkan, dan hanya sedikit yang memanfaatkan lembaga perlindungan konsumen. Hal tersebut dikemukakan Sekjen GAPMMI Franky Sibarani ketika menjadi salah satu penanggap hasil survey.

Seminar GAPMMI

GAPMMI dan Kedubes Canada bekerjasama dengan OVIVO menyelenggarakan seminar “Water Technology System” pada 14 Desember 2011 di Hotel Intercontinental Midplaza. Isu lingkungan menuntut industri harus lebih peduli dalam menghasilkan kualitas limbahnya dengan cara peningkatan efisiensi yang berkelanjutan. OVIVO adalah salah satu perusahaan yang terkemuka yang bergerak di bidang water treatment technology system. Teknologi pengolahan air dan limbah sangat dibutuhkan oleh industri pangan guna menghasilkan produk-produk terbaik yang berwawasan lingkungan. Dari seminar ini diharapkan menambah pengetahuan industri pangan anggota GAPMMI mengenai teknologi terbaru dalam pengolahan air dan limbah.

INDONESIA-EFTA COMPREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT (IE- CEPA)

European Free Trade Association (EFTA) adalah intergovernmental organization yang bertujuan untuk mempromosikan perdagangan bebas dan integrasi ekonomi. Pada saat ini anggota EFTA mencakup empat negara, Norway, Swiss, Iceland, dan Liechetenstein. Negara-negara anggota EFTA sangat kompetitif dengan perekonomian terbuka dan memiliki pasar dengan GDP per-kapita yang cukup kuat. Tujuan IE-EFTA adalah Meningkatkan tingkat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan standar kehidupan di kedua pihak melalui: Meningkatkan arus perdagangan dan investasi yang lebih besar baik secara bilateral maupun dengan negara ketiga; Menciptakan pasar ekonomi yang lebih besar dengan meningkatkan produktivitas melalui kompetisi, inovasi dan economies of scale yang lebih luas; Membangun kerjasama ekonomi melalui framework multilateral, regional dan bilateral yang telah ada, dan menyelesaikan masalah dan halangan perdagangan melalui komitmen dan transparansi yang sesuai ; dan Mengambil keuntungan dari sinergi dan komplementaritas kedua pihak secara mutual advantage. Adapun cakupan produk meliputi : Trade in Goods (industrial goods; fishery products; agriculture products; forestry product; rule of origin and custom procedures; trade disciplines including technical standards; and trade remedies); Trade in services; Investment; Intellectual Property Rights; Public Procurement; Competition; Cooperation/capacity building. Sedangkan skema yang diusulkan untuk Indonesia sebagai berikut : Normal track 1 (NT1) : tarif menjadi 0% setelah 5 tahun; Normal track 2 (NT2) : tarif menjadi 0% setelah 7 tahun; Sensitive list (SL) : tarif menjadi 0% setelah 10 tahun; High sensitive List (HSL) : menjadi 0-5% setelah 15 tahun; dan Exclude tariff berdasarkan MFN tarif.

Harmonisasi ASEAN Bidang Pangan Olahan

Prepared Foodstuff Product Working Group (PFPWG) dibentuk guna membantu ASEAN Consultative Committee on Standards and Quality (ACCSQ) untuk mengimplementasikan standar dan penilaian kesesuaian pada sektor Agro-based Products (salah satu 12 sektor prioritas ASEAN), khususnya produk pangan olahan. Salah satu tugasnya yaitu mengidentifikasi dan mengatasi hambatan teknis dalam perdagangan (TBT) serta proses perintisan integrasi ekonomi ASEAN, melalui harmonisasi standar dan perintisan saling pengakuan (MRA) untuk sektor pangan. Dalam pngembangan ASEAN MRA Prepared Foodstuff tersebut ada 4 tujuan utama, yaitu : Tercapainya transparasi di bidang Regulasi diantara negara ASEAN; Teridentifikasinya bidang spesifik MRA; Meningkatnya infrastruktur teknis; dan Menguatnya standar keamanan pangan. Telah diterbitkan sejumlah dokumen ASEAN Common Food Control Requirements untuk mendukung pencapaian tujuan PFPWG, yaitu: ASEAN Common Principles for Food Control Systems; ASEAN Common Principles and Requirements for the Labelling of Prepackaged Food; dan ASEAN Common Principles and Requirements for Food Hygiene. Dokumen tersebut merupakan acuan dan belum bersifat mengikat dan masing-masing negara ASEAN didorong agar mempersiapkan diri untuk mengimplementasikan.

 
Oleh :Fri-27

(FOODREVIEW INDONESIA Edisi Januari 2012)

Artikel Lainnya

  • Feb 22, 2018

    Proses Pembuatan Cokelat Crumb

    Pada produksi cokelat crumb, proses pertama yang dilakukan adalah pembuatan susu kental manis dari susu sapi murni. Pembuatan susu kental manis ini sudah banyak dilakukan di Indonesia di mana banyak dijual susu kental manis dari industri-industri susu. Setelah melalui proses standardisasi, susu cair kemudian dipasteurisasi pada suhu 72-760C. Melalui evaporator bertingkat, susu dipekatkan sampai kadar padatannya mencapai 45%. Hasilnya berupa larutan kental, lalu dimasukkan gula pasir sesuai  dengan formulasi yang dikehendaki. Campuran dimasukkan dalam panci vakum untuk melarutkan gula dan menguapkan air. Penguapan dilakukan pada suhu 750C di bawah vakum  sampai tercapai kadar padatan 90%. Pada tahap proses ini, terlihat tanda-tanda kristalisasi pada gula. ...

  • Feb 22, 2018

    Sertifikasi Halal untuk Perusahaan asal Taiwan

    Setelah bertahun-tahun melakukan kegiatan bisnis di 10 negara ASEAN, TCI sudah sangat familiar akan pengembangan produk pangan dan masker wajah yang halal. Berkat pengalamannya memasarkan produk di pasar Muslim di Asia Tenggara, mereka telah membuahkan banyak hasil dan solusi bagi klien retail maupun brand. Konsumen dapat menemukan produk ODM buatan TCI yang sudah halal di beberapa apotik modern ataupun channel lainnya.  ...

  • Feb 21, 2018

    Desain Proses untuk Pengembangan Produk Minuman Fungsional

    Inovasi pangan dengan klaim kesehatan masih mempunyai peluang besar di Indonesia. Data Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menunjukkan bahwa terdapat beberapa kategori pangan yang sering diajukan oleh industri sebagai pangan olahan berklaim, misalnya kategori pangan olahan berbasis susu. Selain itu, jenis produk pangan untuk kebutuhan gizi khusus (PKMK) juga berkembang dengan berbagai analisis ilmiah. ...

  • Feb 21, 2018

    Perkembangan Baru Metode Perolehan Flavor

    Ada dua metode yang saat ini sedang mendapatkan perhatian dalam aplikasinya untuk senyawa flavor yaitu Subcritical Water Extraction (SWE) dan Microwave Assisted Extraction (MAE).  ...

  • Feb 20, 2018

    Penambahan Garam Tingkatkan Pelepasan Flavor Produk

    Ingridien dalam fase air lainnya yang berpengaruh pada pelepasan flavor adalah garam. Ingridien ini secara umum dikathui dapat meningkatkan persepsi flavor melalui peristiwa salting-out, yaitu penambahan garam akan menurunkan kelarutan senyawa utama terhadap air dalam larutan. Pada komponen flavor yang hidrofilik, salting-out dapat menurunkan  jumlah molekul air yang tersedia untuk melarutkan komponen flavor tersebut. Sementara itu, pada komponen flavor yang lipofilik, adanya salting-out dapat menurunkan konsentrasi komponen flavor dalam fase air dan membuatnya lebih banyak berada dalam fase minyak dan kemudian berubah menjadi fase gas. Hal ini menyebabkan konsentrasi garam yang tinggi akan memberikan efek pada meningkatan pelepasan flavor.  ...