Prospek dan Tren Kemasan Botol Plastik Di Indonesia

 

Plastic packaging is not only to protect product inside. It can be used as product differentiation in penetrating new market. Plastic cup polipropilen 180 ml-250 ml is now dominating the market for mineral water, tea, coffee and other beverages. This packaging stimulates industry food and beverage industry with significant growth. This article will explain furthermore on the trend and types plastic packaging for food and beverage industry.
Pertumbuhan kemasan plastik akan mengikuti pertumbuhan bisnis makananan dan minuman. Menurut Adhi S Ketua umum GAPPMI pertumbuhan makanan dan minuman di tahun 2011 adalah 7-8 %. Tahun ini tingkat pertumbuhan diperkirakan 8-10%. Tentu akan diikuti pertumbuhan kemasan plastik. Akan tetapi yang menarik adalah kemasan plastik dapat juga menjadi alat inovasi di bidang kemasan, yang dapat memicu pertumbuhan bisnis makanan dan minuman. Sebagai contoh kemasan cup polipropilen untuk minuman, yang awalnya digunakan hanya untuk air minum dalam kemasan. Kini kemasan cup digunakan juga untuk minuman rasa kopi dan teh. Kehadiran kemasan ini melengkapi kehadiran kemasan teh dalam botol dan Tetrapak.
Kemasan cup PP memiliki harga jual ke konsumen lebih murah dan mudah didistribusikan. Kini kemasan cup polipropilen memacu pertumbuhan di bisnis minuman khususnya teh dan kopi.
Oleh karena itu kemasan kini bukan hanya sekedar pelindung produk di dalamnya, tetapi juga sebagai alat untuk penetrasi dan diferensiasi produk untuk menciptakan blue ocean di pasar. Tulisan ini akan menyajikan jenis kemasan untuk makanan dan minuman, mencermati tren harga yang akan berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan dan juga tren pasar yang perlu dicermati. Teknologi pengemasan plastik umumnya dibagi menjadi kategori kemasan flexible dan kemasan rigid. Kemasan flexible meliputi sachee, standingpouch, lid, dan label. Sementara kemasan rigid meliputi botol, jeligen, tutup, wadah, dan snack box.
 
Jenis kemasan plastikuntuk pangan
 
1.PET
Umumnya digunakan untuk botol AMDK 600ml, botol minyak, dan kecap. Kelebihan kemasan PET adalah clarity serta relatif lebih ringan dibanding dengan kemasan lain (seperti HDPE dan PP) untuk volume yang sama. Kemasan ini termasuk sukses menggantikan kemasan PVC untuk produk pangan. Kelemahan plastik PET adalah tidak tahan panas. Kecuali untuk grade tahan panas ada kemasan PET hotfill. Artinya kemasan ini dibuat dengan bahan biji plastik PET khusus tahan panas yang dicetak dengan diblow menggunakan teknologi hotfill.
 
2.HDPE
Kemasan ini banyak digunakan di produk susu. Dibandingkan PET, HDPE punya kelebihan yaitu pembuatan cetakan tidak semahal cetakan PET. Oleh karena itu untuk produk yang penjualan per bulan tidak terlalu tinggi biasanya menggunakan HDPE.
 
3. LDPE
Plastik jenis ini banyak digunakan untuk pembuatan tutup botol. Selain LDPE, tutup botol dapat dibuat dengan plastik jenis PP dan HDPE. Khusus untuk tutup yang membutuhkan kelenturan seperti tutup botol kecap 140 ml digunakan plastik LDPE.
 
4.Polipropilen
Kemasan ini sangat banyak pemakaiannya di industri makanan dan minuman. Misalnya minuman cup AMDK, cup untuk jely, dan kemasan makanan seperti snack box. Kelebihan plastik PP adalah tahan terhadap panas. Kelemahannya adalah porositas yang tinggi, sehingga mudah ditembus oleh oksigen.
 
5.Polikarbonat
Plastik jenis PC atau policarbonat digunakan untuk pembuatan botol AMDK 5 Gallon. Dari segi ketahanan terhadap panas dan kemampuan menahan penetrasi oksigen, PC termasuk yang baik. Kelemahannya tentu harganya mahal. Dan bahan baku masih impor. Serta pembuatan cetakan yang lebih mahal dibandingkan dengan plastik jenis lain.
 
Trend pasar kemasan plastik
Perkembangan kemasan plastik di bidang makanan dan minuman ditandai dengan meningkatnya konsumsi minuman cup polipropilen. Menurut data salah satu asosiasi kemasan plastik, konsumsi cup PP untuk minuman AMDK dan minuman rasa teh mencapai 4 Milyar cup per bulan.
Di Australia kini kemasan HDPE mulai banyak dipakai untuk minuman kopi, cokelat dan susu. Tren ini nampaknya akan ikut meramaikan pasar minuman di Indonesia. Kelebihan kemasan ini adalah tahan terhadap panas, kemudian untuk pembuatan cetakan per cavity tidak semahal botol PET. Kelemahan botol HDPE terletak di leher botol yang agak bergelombang. Oleh karena itu biasanya diseal dulu dengan alumunium foil laminating seperti botol susu Milkuat.
Tren kemasan botol PET untuk minuman non AMDK bergeser dari PET botol hotfill ke botol biasa dengan teknologi aseptik. Artinya untuk membuat produk tahan disimpan 1 tahun tanpa pengawet, pengisian dilakukan pada suhu biasa, hanya saja filling mesin dilengkapi dengan filter yang mampu menyaring mikroba serta ruangan dibuat aseptik. Kemudian tutup botol dicuci, serta botol kosong biasanya dibilas dengan H2O2.
Makin banyak kemasan botol PP yang digunakan untuk susu bayi. Di samping harganya murah dibandingknan PC. PP tidak mengalami kontroversi isu kesehatan. Karena kini banyak dikembangkan PP dengan clarity yang lebih baik.
Makin mahalnya harga PET botol mendorong penurunan berat botol. Sebagai contoh berat botol AMDK awalnya 16 gram kini bergeser menjadi 13.5 gram. Untuk menjaga stuktur botol agar tetap kuat, maka yang dikurangi adalah “daging plastik” di leher tutup. Maka kini dikenal istilah short neck artinya tutup makin pendek, karena dibagian ini berat botol dikurangi. Kemasan ini dapat dilihat di supermarket merk Club dan 2 Tang. Dipastikan beberapa merk akan menyusul beralih ke short neck. Di Indonesia penurunan berat selain mengurangi cost botol, juga berkaitan dengan isu lingkungan. Begitu juga tren di kemasan cup Polipropilen yang mengalami penurunan berat. Sebagai gambaran untuk pembuatan cup AMDK, awalnya adalah 5 gram turun ke 4 gram dan kini kebanyakan sudah 4 gram. Sedangkan untuk kemasan cup yang menggunakan printing umumnya masih 4-5 gram, karena kalau cup terlalu tipis ketika di printing hasilnya kurang bagus.
 
Perkembangan harga plastik
Harga plastik diawal tahun mengalami kenaikan dibandingkan bulan November dan Desember 2011. Sebagai gambaran harga 1 kg PP Rp 15.000/kg di bulan Desember, kini merangkak naik menjadi Rp 16.000/kg. Namun kejadian langkanya bahan baku PP seperti terjadi diawal tahun lalu, diperkirakan tidak akan terjadi lagi karena salah satu produsen pemuat biji platik PP dalam negeri kini sudah kembali berproduksi.
Harga PET di minggu pertama Februari tahun ini mulai merangkak naik dibandingkan Desember 2011. Sebagai gambaran harga PET per kg sekitar Rp 15.500 naik dibandingkan Rp 14.000 di bulan November 2011. Dan masih ada kecenderungan naik.
 
Harga HDPE dan LDPE juga mengalami tren yang hampir sama dengan PP
Kenaikan harga kemasan akan mulai dirasakan di bulan April mendatang apabila harga BBM jadi naik. Juga adanya kenaikan listrik dipastikan akan membuat harga kemasan plastik meningkat. Faktor listrik akan sangat besar pengaruhnya karena salah satu cost terbesar untuk proses plastik adalah listrik.
 
 
 
Oleh Sambas Winata
PT Multi Sejahtera Persada

 

 
 
(FOODREVIEW INDONESIA Edisi Maret 2012)

 

 

Artikel Lainnya

  • Feb 20, 2018

    Penambahan Garam Tingkatkan Pelepasan Flavor Produk

    Ingridien dalam fase air lainnya yang berpengaruh pada pelepasan flavor adalah garam. Ingridien ini secara umum dikathui dapat meningkatkan persepsi flavor melalui peristiwa salting-out, yaitu penambahan garam akan menurunkan kelarutan senyawa utama terhadap air dalam larutan. Pada komponen flavor yang hidrofilik, salting-out dapat menurunkan  jumlah molekul air yang tersedia untuk melarutkan komponen flavor tersebut. Sementara itu, pada komponen flavor yang lipofilik, adanya salting-out dapat menurunkan konsentrasi komponen flavor dalam fase air dan membuatnya lebih banyak berada dalam fase minyak dan kemudian berubah menjadi fase gas. Hal ini menyebabkan konsentrasi garam yang tinggi akan memberikan efek pada meningkatan pelepasan flavor.  ...

  • Feb 19, 2018

    Pemilihan Warna Pangan sebagai Alat Pemasaran

    Saat ini warna juga menjadi salah satu dari alat pemasaran.  Hasil survei pasar menunjukkan bahwa 97% merek produk pangan menggunakan pewarna untuk mengindikasikan flavor. Warna digunakan dalam pemasaran dengan sejumlah alasan seperti menutup warna yang tidak diinginkan, lebih menarik konsumen, menutup degradasi warna alami selama distribusi dan penyimpanan, dan lainnya. Tingkat penjualan produk juga dipengaruhi oleh warna. Sebagai contoh, produk saos yang diproduksi industri besar mengalami peningkatan yang dramatis setelah diberi tambahan warna sehingga warna produk menjadi tidak pucat lagi. Demikian pula, produk minuman cola yang tidak berwarna ternyata gagal di pasar. ...

  • Feb 17, 2018

    Pembentukan Flavor Karamel pada Cokelat Crumb

    Hal yang penting dalam pembuatan cokelat crumb adalah reaksi Maillard dan kristalisasi gula. Reaksi Maillard menggabungkan gula dan gugus asam amino (Gambar 2). Apabila susu dengan kadar air yang rendah(20-30%) dipanaskan, maka akan terjadi reaksi kimia yang menyebabkan terbentuknya warna cokelat dan mempunyai ìrasa karamelî. Flavor karamel ini adalah penggabungan reaksi antara protein(gugus amino) dan gula pereduksi golongan karbonil. Laktosa dalam susu adalah senyawa gula pereduksi. Flavor yang dihasilkan dari proses ini berbeda dengan flavor yang dihasilkan dengan pemanasan gula biasa, yang menghasilkan karamel juga. ...

  • Feb 12, 2018

    Kayu Manis sebagai Sumber Senyawa Flavor

    Dimas & Koen (2017) menjelaskan bahwa bagian-bagian kayu manis seperti kulit kayu, daun, ranting, kayu, dan buah dapat dengan mudah digunakan untuk produksi minyak folatil dengan metode distilasi dan oleoresin dengan solvent extraction. Oleoresin merupakan konsentrat ekstrak dari rempah atau herba aromatik yang diperoleh dari perlakuan pertama rempah dengan pelarut dan kemudian mengilangkan pelarut tersebut. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa perbedaan spesies kayu manis ...

  • Feb 10, 2018

    Flavor Umami dan Kokumi pada Produk Pangan

    Secara sensoris, baik umami maupun kokumi mempunyai kemampuan untuk meningkatkan cita rasa suatu produk pangan. Umami berperan dalam meningkatkan cita rasa ke-empat rasa dasar sedangkan kokumi meningkatkan rasa asin dan umami itu sendiri. Secara tidak langsung, kokumi dapat menguatkan rasa umami pada produk pangan. Penelitian di Jepang mengenai kokumi menyatakan bahwa senyawa kokumi, meningkatkan rasa dasar dan menstimulasi respon sel reseptor calcium-sensing (CaSR) (Maruyama dkk., 2012).  ...