Superior Floor Coating for Better Quality

Industri pangan memiliki spesifikasi tersendiri dalam memilih jenis lantai yang disesuaikan antara kebutuhan dan budget. Sehingga diperlukan beberapa alternatif yang dapat memenuhi keinginan mereka. Pemilihan jenis lantai yang tepat akan mendukung tercapainya mutu dan keamanan produk yang lebih baik.

Untuk menjawab kebutuhan akan lantai berkualitas, produsen nasional cat dan coating PT Bina Adidaya menyediakan beberapa jenis coating lantai yang cocok diaplikasikan di industri pangan. Perusahaan yang berlokasi di Jakarta dan memiliki pabrik di Tangerang ini memperkenalkan produknya dengan merek PENTA PRIMA dan telah beroperasi sejak 1990. Pada 2002, PT Bina Adidaya bahkan berhasil memperoleh sertifikasi ISO 9001-2000 untuk Quality Management System. Perusahaan juga aktif melakukan inovasi untuk menjawab kebutuhan dan tantangan yang terus berkembang dengan menyediakan fasilitas research and development (R&D) yang dioperasikan oleh staf teknis berpengalaman. Sementara itu, bagian quality control bertugas memastikan tercapainya standar mutu dari produk yang dihasilkan. Customer Bina Adidaya pun cukup tersebar, dari industri kelautan (marine paint), elektronik, mobil, plastik, hotel, farmasi, supermarket, hangar hingga pangan. Sehingga pengalamannya dalam bidang painting dan coating tidak diragukan lagi.

Bina Adidaya menyediakan beberapa pilihan jenis coating lantai untuk industri pangan. Menurut Assistant Sales Manager PT Bina Adidaya, Oni Epola Tio, terdapat tiga produk yang dapat dipilih sesuai dengan spesifikasi yang dikehendaki. “Produk-produk tersebut antara lain Penta Epoxy Coating, Penta-S-Crete, dan Penta Epo-Crete,” kata Oni. Setiap produk tersebut memiliki karakter dan sifat tersendiri. Selain dari jenis, Bina Adidaya juga melayani permintaan warna khusus dari customer.
“Kami dapat menyesuaikan warna sesuai dengan keinginan customer,termasuk untuk memenuhi warnawarna identitas perusahaan,” tambah Oni.Ketiga coating lantai untuk industri pangan dari Bina Adidaya telah didesain sesuai kebutuhan dan persyaratan sanitasi dan hygiene tahan gores/ scratch. Berikut adalah keunggulan lainnya yang dapat diperoleh:
 
Penta Epoxy Coating
Lantai industri pangan harus mudah dibersihkan, tidak memiliki celah, dan juga tidak mendorong pertumbuhan mikroba patogen. Hal tersebut sangat sesuai dengan sifat yang dimiliki oleh Penta Epoxy Coating, sehingga sangat mendukung proses sanitasi dan hygiene di lingkungan industri. Lantai ini juga memungkinkan untuk dilakukan penggunaan cleaner dan sanitizer yang biasa dilakukan di industri pangan, karena memiliki sifat resisten terhadap beberapa senyawa kimia.
Keunggulan lainnya adalah Penta Epoxy memiliki sifat anti skid. Dari segi desain, lantai ini bisa didesain dengan warna gloss tinggi atau semi gloss, serta pemilihan corak warna sesuai pilihan. Secara mekanis, juga memiliki sifat adhesi yang sempuna dan kuat. Bila menggunakan Penta Epoxy, garansi yang diberikan bisa hingga mencapai 1 tahun.
Penta S-Crete
Tidak sedikit industri pangan yang melibatkan proses termal dalam produksinya seperti proses penggorengan, bleaching, pasteurisasi, maupun sterilisasi. Sehingga dibutuhkan lantai yang memiliki ketahanan terhadap panas (thermal shock) dan kekuatan compressive (tahan gores). Bina Adidaya memberikan jawaban dengan menyediakan Penta S-Crete. Produk ini berbasis polyurethane yang anti gores. Sangat cocok untuk digunakan oleh industri pangan. Garansi untuk produk ini bisa mencapai hingga 2 tahun.
Penta Epo-Crete
Beban berat juga sering dihadapi oleh lantai industri pangan. Tidak jarang forklift,mesin-mesin, tumpukan barang, atau lainnya menjadi tantangan tersendiri yang bisa menyebabkan lantai terkelupas atau bahkan retak dan pecah. Oleh sebab itu, Bina Adidaya menyediakan solusi lantai dengan compressive strength hingga K-500, yakni Penta Epo-Crete. Bina Adidaya memberikan garansi untuk coating lantai ini hingga 1 tahun.
Dalam prasyarat dasar sanitas dan hygiene di industri pangan, GMP, lantai merupakan komponen yang penting. Karena dapat menjadi media penyebab kontaminasi yang membahayakan keamanan  pangan. Oleh sebab itu, pemilihan dan perawatan lantai harus dipertimbangkan secara serius. PENTA PRIMA adalah pilihan bijak untuk lantai dalam industri pangan.
 
 
Informasi lebih lanjut hubungi :
PT. Bina Adidaya
T. 021 6510052,
F. 021 6522607, 65306954
Email: sales@binaadidaya.com
www.binaadidaya.com
 

 

 
(FOODREVIEW INDONESIA Edisi Maret 2012)

 

 

Artikel Lainnya

  • Jan 22, 2018

    Produk Roti Berlabel Khusus Menjadi Tren di Eropa

    Selain klaim-klaim kesehatan, Euromonitor (2015) juga mencatat di sektor roti di Eropa bahwa sebagian besar produk bakeri menjual label khusus karena melihat bahwa konsumen Eropa akan membayar lebih untuk produk semacam itu. Produk seperti roti vegetarian, bersertifikat kosher atau halal pun bermunculan sebagai alternatif meski pangsa pasarnya masih terbatas. Namun demikian, tren makanan sehat tetap masih yang utama. ...

  • Jan 20, 2018

    Preferensi Konsumen Terhadap Produk Bakeri

    Konsumen mempunyai kriteria tertentu terhadap mutu roti terutama kesegaran (freshness) dan aroma roti. Bread staling merupakan perubahan fisiko-kimia yang kompleks yang terjadi secara perlahan sehingga menyebabkan pengerasan crumb dan pelunakan crust sehingga roti kehilangan kesegarannya. Oleh karenanya sangat penting untuk menjaga kelembutan roti sehingga kesegaran roti dapat terjaga dalam waktu yang lebih lama. Di samping itu, tingkat kesukaan konsumen terhadap roti juga berbeda-beda, misalnya roti sandwich Inggris mempunyai struktur crumb yang lembut dan tekstur sangat halus, namun tidak populer di Perancis yang menyukai baguettes dengan crust yang renyah, berlubang besar dan crumb yang kenyal.  ...

  • Jan 19, 2018

    Perlunya Pendekatan Keamanan Pangan untuk Kontaminan Hasil Proses

    Menurut Codex Alimentarius, kontaminan merupakan setiap substansi yang tidak sengaja ditambahkan ke dalam bahan pangan atau pakan yang akan muncul sebagai hasil proses produksi, pengolahan, penyiapan, pengemasan, transportasi dan penyimpanan sebelum distribusi, ataupun hasil dari kontaminasi lingkungan. Pengertian tersebut tidak termasuk bagian serangga, rambut, hewan pengerat, dan bahan dari lingkungan eksternal lainnya. ...

  • Jan 18, 2018

    Peran Lipase dan Glukosa Oksidase dalam Pembuatan Roti

    Lipase dan Glukosa Oksidase merupakan dua enzim yang diaplikasikan pada pembuatan roti. Lipase menghidrolisis ikatan ester pada asilgliserol menghasilkan mono- dan digliserida, serta asam lemak bebas. Aplikasi lipase komersial relatif baru dibandingkan dengan enzim yang lain. Sebagian besar lipase komersial berasal dari jamur. Lipase spesifik terutama meningkatkan kekuatan dan stabilitas adonan. Gluten dari tepung terigu yang diperlakukan dengan lipase lebih kuat dan lebih elastis. Oleh karenanya, lipase dapat menjadi alternatif pengganti bahan kimia untuk penguatan adonan dan emulsifier. ...

  • Jan 16, 2018

    Penambahan Hidrokoloid Perbaiki Sifat Sensoris Bakeri dari Tepung Termodifikasi

    Selain gluten, komponen lain yang juga sangat penting untuk bakeri adalah pati. Penambahan pati berhubungan dengan struktur, kadar air, umur simpan, hasil dan juga biaya produksi. Secara sensoris, pati mempengaruhi rasa, tekstur dan mouthfeel produk. Pati dapat memengaruhi kekentalan serta crispness produk pangan. Oleh karena tepung termodifikasi mengandung kadar pati yang jauh lebih tinggi daripada terigu (amilosa > 25%), maka tentunya produk yang dihasilkan akan memiliki karakteristik pengembangan, kelarutan, penyerapan air dan gelatinisasi yang berbeda. Secara sensoris produk yang dihasilkan dengan penambahan tepung modifikasi cenderung memiliki tekstur yang lebih keras atau padat, kurang elastis, mudah patah dan keras (Yuwono, dkk, 2013).  ...