Danone Aqua Umumkan Pemenang Kompetisi Desain dan Fotografi



Hari ini (28/11/2013) Danone Aqua mengumumkan pemenang kompetisi desain dan fotografi dalam program Temukan Indonesiamu. Program ini merupakan ajang adu kreatifitas bagi generasi muda untuk menuangkan ide kreatifnya. Kreatifitas ini dituangkan untuk mengekplorasi kecintaan dan kebanggaan mereka kepada Indonesia. Melalui desain dan fotografi para pemuda diajak untuk bisa menangkap dan mengekspresikan kekayaan Indonesia.

Menurut Febby Intan, Brand Director Danone Aqua, program ini merupakan sarana bagi pemuda untuk berkarya sekaligus melestarikan budaya bangsa. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar yang turut hadir juga menyambut baik dan mendukung program yang kabarnya akan rutin diadakan setiap tahun ini.

Sebanyak 7.444 karya desain dan foto dari seluruh Indonesia mengikuti kompetisi ini. Selaku Juri kompetisi, Farah Wardani mengatakan, “tidak mudah menentukan pemenangnya. Ribuan karya yang masuk kebanyakan sudah bisa ‘menemukan’ Indonesia. Tetapi inti penilaian dari tim juri adalah karya harus asli, kemudian menggambarkan Indonesia ‘banget’, dan gambaran karya tersebut hanya bisa ditemukan di Indonesia. Karya tersebut juga harus bisa diterima masyarakat luas”.

Berdasarkan hasil penjurian, dua pemenang dari masing-masing kategori telah ditentukan, yakni Eko Nurcahyo sebagai pemenang untuk desain botol dan Arik Apriliyanto sebagai pemenang kategori fotografi. Timur Angin, yang juga bertindak sebagai salah satu juri kategori foto mengatakan, “foto ‘kerupuk’ karya Arik memiliki sejuta makna jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Melalui foto ini, Arik mengajak kita untuk melihat kesederhanaan, keanekaragaman, serta keindahan Indonesia yang memang kita lihat sehari-hari”. Lebih lanjut menurut Febby, karya pemenang kategori desain nantinya akan menjadi desain label botol Aqua edisi khusus, sedangkan karya pemenang kategori foto akan ditampilkan di billboard Aqua dan halte bus di seluruh Indonesia. Ita

Artikel Lainnya

  • Feb 19, 2018

    Pemilihan Warna Pangan sebagai Alat Pemasaran

    Saat ini warna juga menjadi salah satu dari alat pemasaran.  Hasil survei pasar menunjukkan bahwa 97% merek produk pangan menggunakan pewarna untuk mengindikasikan flavor. Warna digunakan dalam pemasaran dengan sejumlah alasan seperti menutup warna yang tidak diinginkan, lebih menarik konsumen, menutup degradasi warna alami selama distribusi dan penyimpanan, dan lainnya. Tingkat penjualan produk juga dipengaruhi oleh warna. Sebagai contoh, produk saos yang diproduksi industri besar mengalami peningkatan yang dramatis setelah diberi tambahan warna sehingga warna produk menjadi tidak pucat lagi. Demikian pula, produk minuman cola yang tidak berwarna ternyata gagal di pasar. ...

  • Feb 17, 2018

    Pembentukan Flavor Karamel pada Cokelat Crumb

    Hal yang penting dalam pembuatan cokelat crumb adalah reaksi Maillard dan kristalisasi gula. Reaksi Maillard menggabungkan gula dan gugus asam amino (Gambar 2). Apabila susu dengan kadar air yang rendah(20-30%) dipanaskan, maka akan terjadi reaksi kimia yang menyebabkan terbentuknya warna cokelat dan mempunyai ìrasa karamelî. Flavor karamel ini adalah penggabungan reaksi antara protein(gugus amino) dan gula pereduksi golongan karbonil. Laktosa dalam susu adalah senyawa gula pereduksi. Flavor yang dihasilkan dari proses ini berbeda dengan flavor yang dihasilkan dengan pemanasan gula biasa, yang menghasilkan karamel juga. ...

  • Feb 12, 2018

    Kayu Manis sebagai Sumber Senyawa Flavor

    Dimas & Koen (2017) menjelaskan bahwa bagian-bagian kayu manis seperti kulit kayu, daun, ranting, kayu, dan buah dapat dengan mudah digunakan untuk produksi minyak folatil dengan metode distilasi dan oleoresin dengan solvent extraction. Oleoresin merupakan konsentrat ekstrak dari rempah atau herba aromatik yang diperoleh dari perlakuan pertama rempah dengan pelarut dan kemudian mengilangkan pelarut tersebut. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa perbedaan spesies kayu manis ...

  • Feb 10, 2018

    Flavor Umami dan Kokumi pada Produk Pangan

    Secara sensoris, baik umami maupun kokumi mempunyai kemampuan untuk meningkatkan cita rasa suatu produk pangan. Umami berperan dalam meningkatkan cita rasa ke-empat rasa dasar sedangkan kokumi meningkatkan rasa asin dan umami itu sendiri. Secara tidak langsung, kokumi dapat menguatkan rasa umami pada produk pangan. Penelitian di Jepang mengenai kokumi menyatakan bahwa senyawa kokumi, meningkatkan rasa dasar dan menstimulasi respon sel reseptor calcium-sensing (CaSR) (Maruyama dkk., 2012).  ...

  • Feb 09, 2018

    Ekstraksi Senyawa Flavor Menggunakan CO2 Superkritis

    Sebuah fluida dikatakan superkritis jika berada pada kondisi suhu dan tekanan yang melebihi suhu dan tekanan kritis untuk fluida tersebut. Untuk CO2 superkritis, suhu dan tekanan superkritisnya lebih tinggi dibandingkan dengan suhu dan tekanan CO2 cair. Hal ini berdampak pada kemampuannya sebagai solven menjadi lebih besar. Metode ini sudah diterapkan untuk mengekstraksi herba dan rempah, misalnya pada suhu sekitar 400C dan tekanan antara 200 - 250 bar. ...