In Pursuit of Perfect Gourmet



Pangan impor menjadi bisnis yang sangat penting dan sukses di China, ditunjukkan dengan pertumbuhan tahunan yang meningkat antara 20-30 persen dan secara perthitungan lebih dari 35 persen penjualan perusahaan di kawasan Asia Pasifik, kata Patricia Spittau, head of the imported food department at Metro China, yang mengoperasikan 63 hypermarket di 39 kota di China. Dia mengatakan, susu, wine, dan minyak zaitun adalah yang paling banyak dicari (best seller).

Konsumen China membeli pangan impor lebih karena rasa ingin tahu. Mereka membeli produk bukan karena manfaat kesehatan yang didapat dari melainkan lebih kepada efek psikologis. Budaya mengonsumsi makanan impor (internasional) berkembang di beberapa kota besar China seperti Beijing dan Shanghai. Keingintahuan masyakarat China akan produk impor sangat dipengaruhi dari televisi, film, dan internet.

Menurut US Food Industry Association, pendapatan pangan impor di China mengalami lonjakan hingga 15% per tahun. Di tahun 2018, China diperkirakan akan menghabiskan lebih dari 50 juta RMB untuk belanja produk impor. Nilai pasar diperkirakan akan mencapai 4,8 triliun RMB saat itu. Untuk itu, SIAL China 2013 menjadi tempat yang tepat mempromosikan produk dengan target konsumen China.

Sebanyak 2.200 exhibitor baik dari industri pangan dan horeka (hotel, restoran, dan catering) dalam dan luar negeri akan ikut dalam pameran yang mengambil area seluas 85.000 sqm ini. Diperkirakan ada 46 ribu pembeli profesional dari dalam dan luar negeri akan hadir dalam pameran yang berlangsung selama 3 hari (7-9 Mei 2013) di Shanghai New International Expo Center ini.

Acara dibagi dalam products zones (teh & kopi,wine & spirits,organick dairy, seafood, buah & sayur, chocolate world, sweets&snacks, meat, halal, dan lain-lain) dan 4 tasteful dedicated events yang akan digelar untuk memanjakan lidah para visitor. Empat event tasteful yang akan dilaksanakan yakni 6thEdition of La CUISINE by SIAL,9thEdition ofSIAL Innovation, 2ndEdition of Hospitality & Retail Forum, dan 2ndEdition of Chocolate World.

Artikel Lainnya

  • Feb 19, 2018

    Pemilihan Warna Pangan sebagai Alat Pemasaran

    Saat ini warna juga menjadi salah satu dari alat pemasaran.  Hasil survei pasar menunjukkan bahwa 97% merek produk pangan menggunakan pewarna untuk mengindikasikan flavor. Warna digunakan dalam pemasaran dengan sejumlah alasan seperti menutup warna yang tidak diinginkan, lebih menarik konsumen, menutup degradasi warna alami selama distribusi dan penyimpanan, dan lainnya. Tingkat penjualan produk juga dipengaruhi oleh warna. Sebagai contoh, produk saos yang diproduksi industri besar mengalami peningkatan yang dramatis setelah diberi tambahan warna sehingga warna produk menjadi tidak pucat lagi. Demikian pula, produk minuman cola yang tidak berwarna ternyata gagal di pasar. ...

  • Feb 17, 2018

    Pembentukan Flavor Karamel pada Cokelat Crumb

    Hal yang penting dalam pembuatan cokelat crumb adalah reaksi Maillard dan kristalisasi gula. Reaksi Maillard menggabungkan gula dan gugus asam amino (Gambar 2). Apabila susu dengan kadar air yang rendah(20-30%) dipanaskan, maka akan terjadi reaksi kimia yang menyebabkan terbentuknya warna cokelat dan mempunyai ìrasa karamelî. Flavor karamel ini adalah penggabungan reaksi antara protein(gugus amino) dan gula pereduksi golongan karbonil. Laktosa dalam susu adalah senyawa gula pereduksi. Flavor yang dihasilkan dari proses ini berbeda dengan flavor yang dihasilkan dengan pemanasan gula biasa, yang menghasilkan karamel juga. ...

  • Feb 12, 2018

    Kayu Manis sebagai Sumber Senyawa Flavor

    Dimas & Koen (2017) menjelaskan bahwa bagian-bagian kayu manis seperti kulit kayu, daun, ranting, kayu, dan buah dapat dengan mudah digunakan untuk produksi minyak folatil dengan metode distilasi dan oleoresin dengan solvent extraction. Oleoresin merupakan konsentrat ekstrak dari rempah atau herba aromatik yang diperoleh dari perlakuan pertama rempah dengan pelarut dan kemudian mengilangkan pelarut tersebut. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa perbedaan spesies kayu manis ...

  • Feb 10, 2018

    Flavor Umami dan Kokumi pada Produk Pangan

    Secara sensoris, baik umami maupun kokumi mempunyai kemampuan untuk meningkatkan cita rasa suatu produk pangan. Umami berperan dalam meningkatkan cita rasa ke-empat rasa dasar sedangkan kokumi meningkatkan rasa asin dan umami itu sendiri. Secara tidak langsung, kokumi dapat menguatkan rasa umami pada produk pangan. Penelitian di Jepang mengenai kokumi menyatakan bahwa senyawa kokumi, meningkatkan rasa dasar dan menstimulasi respon sel reseptor calcium-sensing (CaSR) (Maruyama dkk., 2012).  ...

  • Feb 09, 2018

    Ekstraksi Senyawa Flavor Menggunakan CO2 Superkritis

    Sebuah fluida dikatakan superkritis jika berada pada kondisi suhu dan tekanan yang melebihi suhu dan tekanan kritis untuk fluida tersebut. Untuk CO2 superkritis, suhu dan tekanan superkritisnya lebih tinggi dibandingkan dengan suhu dan tekanan CO2 cair. Hal ini berdampak pada kemampuannya sebagai solven menjadi lebih besar. Metode ini sudah diterapkan untuk mengekstraksi herba dan rempah, misalnya pada suhu sekitar 400C dan tekanan antara 200 - 250 bar. ...