15 Tim Finalis Siap Berjuang di Final Nasional Aqua DNC



Aqua Danone Nations Cup (DNC) kembali digelar tahun 2013. Selama 11 tahun Aqua menyelenggarakan festival sepakbola tahunan untuk anak-anak usia 10-12 tahun dari seluruh Indonesia. Program ini sebagai bentuk apresiasi dalam mewujudkan mimpi anak-anak Indonesia di bidang olahraga, khususnya sepakbola, dan dapat berlaga di pentas dunia membela Garuda.


Aqua DNC 2013 ini diikuti oleh 5.800 tim sepakbola atau sekitar 63.000 anak dari 15 wilayah mewakili 22 provinsi di seluruh Indonesia. Lima ribu tim ini bertanding melalui babak kualifikasi untuk kemudian terpilih menjadi 15 tim yang akhirnya berlaga di babak Final. Final akan berlangsung di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta pada tanggal 1-2 Juni, dan juaranya akan mewakili Indonesia dalam final dunia DNC 2013 di Stadion Wembley, London, Inggris.


Branch Director Danone Aqua, Febby Intan mengatakan, “Mendukung Indonesia menjadi lebih baik merupakan salah satu komitmen kami dengan menciptakan wadah untuk anak-anak yang mempunyai bakat di bidang sepak bola”. Sementara itu, dalam sambutannya, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo menambahkan, “ Kami (pemerintah) sejak awal mendukung mengembangkan sepakbola Indonesia tetapi bukan hanya tugas pemerintah dan organisasi terkait, namun semua pihak. Salah satunya Danone Aqua yang menggelar festival sepakbola anak-anak di Indonesia yang bertaraf nasional dan internasional dalam rangka mencari bibit-bibit baru”.


Acara yang diadakan di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta ini (30/5) ini juga mengundang Timo Sheunemann sebagai pelatih tim nasional Aqua DNC 2013, Anggota Komite Eksekutif PSSI, La Siya, dan Andik Vermansyah yang merupakan alumni DNC tahun 2004 yang membagi pengalaman tentang keikutsertaannya di ajang Aqua DNC serta memberikan motivasi bagi tim yang lolos ke dalam 15 finalis. Pada kesempatan yang sama juga digelar group drawing yang menentukan lawan tanding masing-masing tim di laga final nanti. Afrilia.

Artikel Lainnya

  • Feb 19, 2018

    Pemilihan Warna Pangan sebagai Alat Pemasaran

    Saat ini warna juga menjadi salah satu dari alat pemasaran.  Hasil survei pasar menunjukkan bahwa 97% merek produk pangan menggunakan pewarna untuk mengindikasikan flavor. Warna digunakan dalam pemasaran dengan sejumlah alasan seperti menutup warna yang tidak diinginkan, lebih menarik konsumen, menutup degradasi warna alami selama distribusi dan penyimpanan, dan lainnya. Tingkat penjualan produk juga dipengaruhi oleh warna. Sebagai contoh, produk saos yang diproduksi industri besar mengalami peningkatan yang dramatis setelah diberi tambahan warna sehingga warna produk menjadi tidak pucat lagi. Demikian pula, produk minuman cola yang tidak berwarna ternyata gagal di pasar. ...

  • Feb 17, 2018

    Pembentukan Flavor Karamel pada Cokelat Crumb

    Hal yang penting dalam pembuatan cokelat crumb adalah reaksi Maillard dan kristalisasi gula. Reaksi Maillard menggabungkan gula dan gugus asam amino (Gambar 2). Apabila susu dengan kadar air yang rendah(20-30%) dipanaskan, maka akan terjadi reaksi kimia yang menyebabkan terbentuknya warna cokelat dan mempunyai ìrasa karamelî. Flavor karamel ini adalah penggabungan reaksi antara protein(gugus amino) dan gula pereduksi golongan karbonil. Laktosa dalam susu adalah senyawa gula pereduksi. Flavor yang dihasilkan dari proses ini berbeda dengan flavor yang dihasilkan dengan pemanasan gula biasa, yang menghasilkan karamel juga. ...

  • Feb 12, 2018

    Kayu Manis sebagai Sumber Senyawa Flavor

    Dimas & Koen (2017) menjelaskan bahwa bagian-bagian kayu manis seperti kulit kayu, daun, ranting, kayu, dan buah dapat dengan mudah digunakan untuk produksi minyak folatil dengan metode distilasi dan oleoresin dengan solvent extraction. Oleoresin merupakan konsentrat ekstrak dari rempah atau herba aromatik yang diperoleh dari perlakuan pertama rempah dengan pelarut dan kemudian mengilangkan pelarut tersebut. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa perbedaan spesies kayu manis ...

  • Feb 10, 2018

    Flavor Umami dan Kokumi pada Produk Pangan

    Secara sensoris, baik umami maupun kokumi mempunyai kemampuan untuk meningkatkan cita rasa suatu produk pangan. Umami berperan dalam meningkatkan cita rasa ke-empat rasa dasar sedangkan kokumi meningkatkan rasa asin dan umami itu sendiri. Secara tidak langsung, kokumi dapat menguatkan rasa umami pada produk pangan. Penelitian di Jepang mengenai kokumi menyatakan bahwa senyawa kokumi, meningkatkan rasa dasar dan menstimulasi respon sel reseptor calcium-sensing (CaSR) (Maruyama dkk., 2012).  ...

  • Feb 09, 2018

    Ekstraksi Senyawa Flavor Menggunakan CO2 Superkritis

    Sebuah fluida dikatakan superkritis jika berada pada kondisi suhu dan tekanan yang melebihi suhu dan tekanan kritis untuk fluida tersebut. Untuk CO2 superkritis, suhu dan tekanan superkritisnya lebih tinggi dibandingkan dengan suhu dan tekanan CO2 cair. Hal ini berdampak pada kemampuannya sebagai solven menjadi lebih besar. Metode ini sudah diterapkan untuk mengekstraksi herba dan rempah, misalnya pada suhu sekitar 400C dan tekanan antara 200 - 250 bar. ...