Peralatan Memasak yang Cerdas


Rational mendemonstrasikan teknologi SelfCookingCenter 5 Senses di WOFEX

 

Rational akan membuat Chef dari berbagai negara Asia terkagum-kagum  karena peralatan memasaknya yang mampu merasa, mengenali, dan berkomunikasi dengan pengguna.  SelfCookingCenter 5 Senses merupakan peralatan pertama yang bekerja tidak berdasarkan pengaturan program awal.  Kecerdasannya mampu mengatur proses sesuai kebutuhan produk, ukuran, dan kuantitasnya.  Rational akan memamerkan produk tersebut dari 5 hingga 8 August 2015 di WOFEX, Manilia.  Para pengunjung dapat menikmati pengalaman, tidak hanya melalui presentasi, tetapi juga sensasi rasanya.

SelfCookingCenter 5 Senses dapat mengendalikan suhu, kelembaban, waktu, dan juga kecepatan memasak, sehingga dihasilkan produk yang sesuai dengan penampakan dan juga rasa yang diinginkan oleh para Chef.  Peralatan tersebut dapat mengenali kondisi produk dan mengatur kondisi memasak sesuai kebutuhan.

“Salah satu seni memasak adalah memperolah hasil konsisten, walau kondisinya berbeda dari waktu ke waktu,” ujar Millie Chan, Vice President Business Development Rational.  Kadang-kadang produk berukuran lebih besar atau kecil, dan tidak jarang pula jumlahnya bervariasi.  Namun demikian SelfCookingCenter 5 Senses secara cerdas dapat menentukan perbedaan tersebut.  “Tidak seperti peralatan lainnya di pasaran, produk yang kami miliki tidak diprogram dalam kondisi proses yang tetap, tetapi mampu mempertimbangkan kondisi yang ada dan menentukan apa yang harus dilakukan untuk menjamin mutu yang konsisten,” tambah Millie.

Tentu saja, fitur ini memberikan keunggulan tersendiri, khususnya bila sering terjadi pergantian staf.  Walaupun berbeda shift, namun produk dapat tetap konsisten sesuai keinginan chef.

Peralatan tersebut juga menginformasikan kepada chef kebutuhan kondisi proses yang sesuai.  “Rational memberikan banyak informasi dari sudut pandang pengguna, sangat sensasional,” kata March Stampfi, Managing Director of Schweizer Heer AG.  Perusahaannya menjual peralatan katering lebih dari 40 tahun.  Seperti halnya kolega lainnya, Dia percaya Rational dapat memberikan peningkatan yang signifikan bagi mutu dapur profesional.

Kunjungi booth Rational di Manilia untuk mengetahui keunggulan dan fleksibilitas Rational lebih dekat. 

 

Contact:

RATIONAL International AG
Millie Chan
Innoparc 01, Heinrich-Wild-Strasse 202
CH-9435 Heerbrugg,
Switzerland www.rational-online.com
facebook http://facebook.com/RATIONAL.AG
twitter    http://twitter.com/RATIONAL_AG
Youtube http://www.youtube.com/User/RATIONALAG

Artikel Lainnya

  • Feb 19, 2018

    Pemilihan Warna Pangan sebagai Alat Pemasaran

    Saat ini warna juga menjadi salah satu dari alat pemasaran.  Hasil survei pasar menunjukkan bahwa 97% merek produk pangan menggunakan pewarna untuk mengindikasikan flavor. Warna digunakan dalam pemasaran dengan sejumlah alasan seperti menutup warna yang tidak diinginkan, lebih menarik konsumen, menutup degradasi warna alami selama distribusi dan penyimpanan, dan lainnya. Tingkat penjualan produk juga dipengaruhi oleh warna. Sebagai contoh, produk saos yang diproduksi industri besar mengalami peningkatan yang dramatis setelah diberi tambahan warna sehingga warna produk menjadi tidak pucat lagi. Demikian pula, produk minuman cola yang tidak berwarna ternyata gagal di pasar. ...

  • Feb 17, 2018

    Pembentukan Flavor Karamel pada Cokelat Crumb

    Hal yang penting dalam pembuatan cokelat crumb adalah reaksi Maillard dan kristalisasi gula. Reaksi Maillard menggabungkan gula dan gugus asam amino (Gambar 2). Apabila susu dengan kadar air yang rendah(20-30%) dipanaskan, maka akan terjadi reaksi kimia yang menyebabkan terbentuknya warna cokelat dan mempunyai ìrasa karamelî. Flavor karamel ini adalah penggabungan reaksi antara protein(gugus amino) dan gula pereduksi golongan karbonil. Laktosa dalam susu adalah senyawa gula pereduksi. Flavor yang dihasilkan dari proses ini berbeda dengan flavor yang dihasilkan dengan pemanasan gula biasa, yang menghasilkan karamel juga. ...

  • Feb 12, 2018

    Kayu Manis sebagai Sumber Senyawa Flavor

    Dimas & Koen (2017) menjelaskan bahwa bagian-bagian kayu manis seperti kulit kayu, daun, ranting, kayu, dan buah dapat dengan mudah digunakan untuk produksi minyak folatil dengan metode distilasi dan oleoresin dengan solvent extraction. Oleoresin merupakan konsentrat ekstrak dari rempah atau herba aromatik yang diperoleh dari perlakuan pertama rempah dengan pelarut dan kemudian mengilangkan pelarut tersebut. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa perbedaan spesies kayu manis ...

  • Feb 10, 2018

    Flavor Umami dan Kokumi pada Produk Pangan

    Secara sensoris, baik umami maupun kokumi mempunyai kemampuan untuk meningkatkan cita rasa suatu produk pangan. Umami berperan dalam meningkatkan cita rasa ke-empat rasa dasar sedangkan kokumi meningkatkan rasa asin dan umami itu sendiri. Secara tidak langsung, kokumi dapat menguatkan rasa umami pada produk pangan. Penelitian di Jepang mengenai kokumi menyatakan bahwa senyawa kokumi, meningkatkan rasa dasar dan menstimulasi respon sel reseptor calcium-sensing (CaSR) (Maruyama dkk., 2012).  ...

  • Feb 09, 2018

    Ekstraksi Senyawa Flavor Menggunakan CO2 Superkritis

    Sebuah fluida dikatakan superkritis jika berada pada kondisi suhu dan tekanan yang melebihi suhu dan tekanan kritis untuk fluida tersebut. Untuk CO2 superkritis, suhu dan tekanan superkritisnya lebih tinggi dibandingkan dengan suhu dan tekanan CO2 cair. Hal ini berdampak pada kemampuannya sebagai solven menjadi lebih besar. Metode ini sudah diterapkan untuk mengekstraksi herba dan rempah, misalnya pada suhu sekitar 400C dan tekanan antara 200 - 250 bar. ...