Fungsi Kemasan Sebagai Media Informasi Produk Pangan



Berdasarkan data Euromonitor International (2010), rata-rata penduduk Indonesia membelanjakan 43% dari penghasilannya untuk memenuhi kebutuhan pangan. Tren global ditandai dengan pertumbuhan pasar-pasar modern yang tinggi, sedangkan di Indonesia perkembangan pasar cenderung pada meningkatnya minimarket dan convenient store.  Meskipun begitu, toko dan pasar tradisional pun tetap tumbuh walaupun dengan kecepatan yang lebih rendah dibanding dengan minimarket dan convenient store. 

Di samping sebagai sarana perlindungan terhadap produk, kemasan merupakan kombinasi antara teknologi, seni dan ilmu serta media promosi produk. ìKemasan juga memberikan nilai tambah pada produk dan mendorong keinginan konsumen dalam memilih produk,î tutur Brand Manager Packaging Development PT Sumber Cipta Multiniaga, Rizal Herdian dalam Intensive Workshop: Packaging Quality, Problem Solving dan Study Case yang diselenggarakan oleh Indonesian Packaging Federation (IPF) di Bogor pada 13-14 September 2017 lalu.

Selanjutnya dapat dibaca di Foodreview Indonesia edisi Oktober 2017

Artikel Lainnya