Arah Pengembangan Produk Pangan 2018


Dalam Global Food and Drink Trend 2018, Mintel menampilkan beberapa arah pengembangan produk pangan selama 2018 yang meliputi keterbukaan informasi, sensasi baru, self-fulfilling practice, perlakuan istimewa, dan science fare. Keterbukaan informasi produk merupakan bagian dari kesadaran konsumen terhadap keamanan produk yang dikonsumsi. Oleh karena itu, produk-produk yang menyajikan informasi ketertelusuran dari hulu ke hilir mulai banyak muncul. Mintel membagi jenis inovasi ini menjadi dua yaitu produk dengan klaim alami dan produk dengan klaim ramah lingkungan. Produk berklaim alami tumbuh 29% dan produk berklaim ramah lingkungan tumbuh 22% dari September 2016 sampai Agustus 2017. Angka tersebut lebih tinggi dibanding periode yang sama pada September 2006 sampai Agustus 2007 di mana produk berklaim alami dan ramah lingkungan masing-masing tumbuh 17% dan 1%. 

Pola hidup modern yang mengarah pada aktivitas padat dan tingkat stress yang tinggi juga menjadikan konsumen lebih memperhatikan kesehatan tubuh, termasuk menjaga pola makan yang mendukung kesehatan. Hal tersebut memunculkan kebutuhan konsumen akan produk pangan yang self-fulfilling practice. Konsumen lebih teliti dalam memilih ingridien yang seharusnya dikonsumsi dan ingridien yang harus dihindari.

Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Snackification" | Desember 2017 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id

Artikel Lainnya

  • Des 16, 2017

    Sensory Profiles of Cheese Powder

    Cheese powders are made of natural cheeses which are dehydrated down from about 45% to 5% moisture content. This low moisture content makes cheese powder to have longer shelf life compared to natural cheese. It does not require refrigeration and have a better flavor consistency. The content of natural cheeses in cheese powder may vary from 5% to 90% depending on the need. ...

  • Des 14, 2017

    Metode Pendinginan pada Proses Enrobing

    Pada proses pendinginan dalam cooling tunnel, terdapat 3 tahapan pendinginan yang harus dilalui. Pendinginan tahap pertama dilakukan untuk menghilangkan panas sensitif baik dalam produk maupun cokelat sehingga pada tahap ini direkomendasikan penggunaan sirkulasi udara di sekitar prosuk sehingga terjadi perpindahan panas konvensi. ...

  • Des 13, 2017

    Memahami Sifat Sensoris Permeate untuk Aplikasi pada Produk Pangan

    Permeate diperoleh dengan menghilangkan kandungan protein melalui proses membran filtrasi. Selain itu terdapat pula proses lanjutan yaitu kristalisasi laktosa sehingga dihasilkan delactose permeate yaitu permeate dengan jumlah laktosa yang lebih sedikit. ...

  • Des 11, 2017

    Upaya Harmonisasi Regulasi Pangan di ASEAN

    Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) memberikan tantangan bagi industri pangan, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam harmonisasi regulasi pangan yang bisa diterima di setiap negara.  ...

  • Des 11, 2017

    Karakter Utama Pemilihan Shortening untuk Biskuit, Kukis dan Krekers

    Karakteristik utama shortening yang digunakan dalam pembuatan biskuit, kukis, dan krekers adalah plastisitas.  Sifat shortening ini merupakan fungsi dari 2 faktor, yakni (i) perbandingan jumlah lemak (fraksi padat) dan minyak (fraksi cair) pada suhu tertentu atau solid fat content (SFC), serta (ii) struktur kristal. ...