Pangan Fungsional, Tren Pangan Global yang Terus Tumbuh



Berdasarkan data Innova Market Insight (2017), 2 dari 5 konsumen di US dan Inggris diketahui meningkatkan konsumsi produk-produk yang menyehatkan. Di samping itu, 7 dari 10 konsumen di US dan Inggris memiliki keingintahuan terhadap daftar ingridien yang tertera dalam label kemasan; dan 1 dari 5 konsumen US sangat terpengaruh dengan klaim ethical seperti non-GMO dan organik.

ìMelihat dari tren terkini, konsumen menjadi sangat hati-hati atau penuh pertimbangan dalam memilih produk pangan,î tutur Head of Innovation & Development Center Kalbe Nutritionals, Yunawati Gandasasmita dalam In-Depth Seminar Foodreview Indonesia: Functional Beverages, Let Your Beverage Be Your Medicine yang diselenggarakan di Bogor pada 20 Februari lalu. Ia menjelaskan bahwa tren pangan fungsional juga terlihat dari meningkatnya klaim better-for-you di US dari 42% di 2012 menjadi 49% pada 2017.

Prospek dan peluang inovasi produk-produk pangan fungsional dapat dilihat dari tren yang sedang berkembang di masyarakat. Dari beberapa tren yang sedang terjadi, Yuna menjelaskan tiga tren yang erat kaitannya dengan pangan fungsional, yaitu mindful choices, lighter enjoyment dan positively processed. 

Lebih lengkapnya silakan baca di FOODREVIEW INDONESIA edisi Maret 2018 : "Exploring Traditional Functional Ingredients"

Artikel Lainnya

  • Ags 20, 2018

    Tantangan dan Manfaat Protein Whey Dalam Produk Minuman Jus

    Ada beberapa masalah utama yang menjadi tantangan aplikasi protein whey dalam produk minuman berbasis jus buah, yaitu terjadinya kristalisasi laktosa selama penyimpanan pada suhu refrigerasi, koagulasi protein whey saat perlakuan panas, konsentrat dengan viskositas yang tinggi berpengaruh pada efektivitas proses panas, berkurangnya umur simpan produk dalam suhu ruang, serta tingginya kandungan mineral dalam protein whey menimbulkan cita rasa asin-asam yang tidak diinginkan dalam produk. ...

  • Ags 20, 2018

    Kebijakan OSS untuk Hadapi Era Industri 4.0

    Industri pangan merupakan industri prioritas yang menyumbang 36% kontribusi terhadap PDB. ...

  • Ags 19, 2018

    Protein Whey Sebagai Ingridien Produk Minuman Ringan

    Protein whey merupakan jenis protein susu selain kasein yang mulai banyak digunakan sebagai ingridien pada produk pangan, misalnya produk minuman dan smoothies. Protein whey dapat digunakan sebagai ingridien dalam kelompok produk minuman, misalnya berbasis buah, minuman susu dan minuman olahraga. ...

  • Ags 18, 2018

    Manfaat Penggunaan Teknologi Plasma Pada Produk Susu dan Jus

    Penggunaan proses plasma dingin memiliki beberapa keuntungan diantaranya dapat menginaktivasi mikroorganisme secara efisien pada suhu rendah (<50oC), kompatibel dengan hampir sebagian besar kemasan produk dan kemasan modified atmospheres, mengurangi penggunaan bahan pengawet, tidak mengahasilkan residu dan dapat diaplikasikan pada produk pangan padat maupun cair. ...

  • Ags 17, 2018

    Jenis-Jenis Teknologi Plasma untuk Produk Minuman

    Teknologi plasma dibagi menjadi dua jenis yakni denominated nonthermal plasma (NTP) atau plasma dingin (cold plasma) dan thermal plasma. Plasma dingin dihasilkan pada suhu 30-60OC di bawah tekanan atmosfer atau ruang hampa (vacuum) dan membutuhkan lebih sedikit daya. Hal tersebut sangat sesuai jika diaplikasikan pada produk yang sensitif pada panas karena ion dan molekul yang tidak bermuatan mendapatkan sedikit energi dan stabil pada suhu rendah.  ...