Tantangan Industri Pangan Menjawab Tren Konsumen


 

Mempertahankan suatu produk baru untuk bertahan di pasaran tidaklah mudah. Untuk itu, sebelum meluncurkan suatu produk baru, diperlukan riset pasar guna meminimalisir kegagalan suatu produk. Riset pasar dapat ditinjau dari beberapa hal salah satunya adalah tren konsumen. Tren konsumen saat ini mengalami beberapa perbedaan yang cukup signifikan seiring berkembangnya gaya hidup. Konsumen menginginkan hal-hal yang dapat memudahkan, membuat nyaman, dan juga memenuhi syarat-syarat organoleptik yang diinginkan. Selain membuat produk baru, sentuhan inovasi atau pembaharuan pada produk yang telah ada juga diperlukan agar dapat bersaing dengan produk lainnya. 

 

Beberapa tren produk pangan yang mencakup makanan dan minuman diantaranya adalah tren yang terkait dengan aspek kesehatan. Aspek kesehatan menjadi menjadi prioritas konsumen utamanya pada konsumen kelas menengah. Data kelas menengah di kawasan Asia Tenggara mengalami peningkatan hingga 110% dari tahun 2012 yang berjumlah 28% hingga 2020 yang diprediksi meningkat sampai pada 55%. Kesadaran akan kesehatan yang terjadi pada kalangan kelas menengah ini pada akhirnya memengaruhi tren produk pangan yang mereka konsumsi. 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2018, Beverages: nutrition matters. Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Mar 28, 2024

    Pangan Segar dalam Produk Bakeri

    Indonesia memiliki keanekaragaman pangan yang melimpah tersebar dari Sabang sampai Merauke. Pangan tersebut dapat berasal dari tumbuhan maupun hewan, termasuk dari mikroalga, baik dalam bentuk pangan segar maupun diolah menjadi aneka produk sesuai potensi dan kearifan lokal tiap daerah. ...

  • Mar 25, 2024

    INOVASI Produk Bakeri Bebas Gluten

    Tepung dari gandum adalah salah satu jenis tepung yang banyak pemanfaatannya sebagai bahan baku produk bakeri. Beberapa negara di dunia termasuk Indonesia adalah negara dengan konsumsi tepung dari gandum yang tertinggi. ...

  • Mar 22, 2024

    Perencanaan Permintaan dalam Rantai Pasokan

    Pada tulisan sebelumnya (https:// bit.ly/SnOPBisnisPangan), telah dijelaskan pendahuluan mengenai Sales and Operations Plannning (S&OP) serta manfaat implementasinya pada bisnis pangan. ...

  • Mar 14, 2024

    Global Printing & Packaging Expo (GPPE) 2024 Siap Digelar

    Sebagai salah satu pameran utama di industri percetakan dan pengemasan, Global Printing & Packaging Expo (GPPE) kembali hadir pada edisi yang sangat dinantikan pada tahun 2024 ini. Diselenggarakan oleh PT Pelita Promo Internusa, pameran tahun ini diperkirakan akan lebih menjanjikan dan menjadi pameran terobosan teknologi mutakhir dan solusi berkelanjutan, menyatukan para pemimpin industri, inovator, dan profesional. ...

  • Mar 07, 2024

    Antioksidan Natural untuk Produk Pangan

    Permintaan akan produk dengan label bersih (clean label) terus mengalami peningkatan. Hal ini membuka peluang bagi produk-produk natural untuk memenuhi permintaan tersebut, termasuk dalam memilih antioksidan. Beberapa jenis antioksidan seperti ethylenediaminetetraacetic acid (EDTA), tertiary butylhydroquinone (TBHQ), butylated hydroxyanisole (BHA), butylated hydroxtoluene (BHT), propyl gallate, ascorbyl palmitate berpeluang tidak lagi dipilih oleh konsumen.  ...