Hari Marketing Indonesia Resmi Dicanangkan




Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk menjadi kekuatan ekonomi dunia. Namun, untuk bersaing di lingkup bisnis internasional kekuatan sumber daya haruslah imbang dengan kemampuan memasarkan produk tersebut. “Dengan adanya hari marketing Indonesia (HAMARI) diharapkan bisa menjadi momen yang tepat dalam menunjukkan segala kreatifitas dan mampu menciptakan value terhadap konsumen,” tutur Hadi Irawan, Board of Advisor dari HAMARI.


Dasar pemikiran HAMARI adalah kenyataan bahwa Indonesia membutuhkan orientasi dan strategi marketing yang lebih baik dan efektif baik di tingkat perusahaan maupun di tingkat negara. HAMARI didukung oleh para pelaku bisnis yang tergabung dalam asosisasi seperti GAPMMI (Gabungan Perusahaan Makanan dan Minuman Indonesia), APPBI (Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia), APRINDO (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) dan APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia).


Tanggal 1 April telah ditetapkan sebagai Hari Marketing Indonesia, pencanangan ini diresmikan oleh Ir. Arlinda Imbang Jaya, MA, Staf Ahli  Bidang Kebijakan Perdagangan Luar Negeri dan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Kemeterian Perdagangan Republik Indonesia pada hari Kamis (20/3/2014) di Jakarta. Menurut Ir. Arlinda, “Indonesia memiliki struktur ekonomi yang sangat besar dan begitu banyak aturan yang berlaku. Selain itu, Indonesia pun memiliki potensi ekonomi yang besar pula.” HAMARI diharapkan menjadi momen bagi pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk bisa memprosikan wisata dan potensi daerahnya dengan cara kreatif dan inovatif. Kiki

Artikel Lainnya

  • Jul 09, 2025

    Pendugaan Pertumbuhan dan Inaktivasi Mikroba pada Pangan

    Pangan mengandung nutrisi yang diperlukan oleh mikroba untuk tumbuh dan berkembang hingga pada tingkat yang dapat memberikan keuntungan, menyebabkan kerusakan, atau menyebabkan penyakit pada manusia. ...

  • Jul 08, 2025

    RUA V GAPMMI 2025: Adhi S. Lukman Kembali Pimpin Asosiasi secara Aklamasi

    Gabungan Produsen Makanan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) sukses menggelar Rapat Umum Anggota (RUA) V tahun 2025 pada tanggal 8 Juli 2025 di Jakarta. Acara ini menjadi momentum penting untuk merefleksikan capaian dan tantangan yang telah dilalui industri makanan dan minuman Indonesia, sekaligus menandai berakhirnya masa bakti kepengurusan periode 2020-2025 yang dipimpin oleh Adhi S. Lukman. ...

  • Jul 07, 2025

    Mengkaji Ulang Asal-Usul Sambal Kacang

    Saat menikmati pecel, gado-gado, satai, ketoprak, atau otak-otak, rasanya sulit membayangkan hidangan-hidangan ini tanpa siraman sambal kacang yang gurih, manis, dan seringkali juga disertai dengan sensasi pedas dari cabai. Begitu eratnya bumbu ini dengan kuliner Nusantara, hingga seakanakan keberadaannya sudah menyertai hidangan tersebut sejak awal. ...

  • Jul 03, 2025

    Teknologi Pasteurisasi & Mikrofiltrasi Susu: Menjamin Keamanan Pangan, Mengoptimalkan Zat Gizi

    ...

  • Jun 25, 2025

    Food Taipei Mega Shows 2025 Resmi Dibuka

    Pameran FOOD TAIPEI MEGA SHOWS 2025 resmi dibuka hari ini, di Taipei Nangang Exhibition Center Hall 1 dan 2. Diselenggarakan oleh Trade Development Council (TAITRA), pameran ini akan menyatukan lima pameran secara serentak yakni FOOD TAIPEI, FOODTECH TAIPEI, BIO/PHARMATECH TAIWAN, TAIPEI PACK, dan TAIWAN HORECA. Berlangsung selama empat hari hingga Jumat, 28 Juni 2025, pameran ini memecahkan rekor dengan 1.700 peserta dan 45.000 booth, menegaskan posisi Taiwan sebagai pusat inovasi dan daya tarik dalam rantai pasok pangan global.  ...