Memenangkan Kompetisi Pasar dengan Good Product Management




Untuk memenangkan pasar penjualan produk baru, good product management atau manajemen produk baru yang baik dan benar harus diterapkan oleh sebuah perusahaan. Manajeman produk yang baik akan menghasilkan produk yang baik pula. Inovasi merupakan salah satu langkah untuk memenangkan kompetisi tersebut.

Dalam kompetisi akan memunculkan persaingan dan persainganan inilah yang membuat produsen melakukan percepatan pengembangan produk untuk menjadi yang pertama masuk ke pasar dan mendapat keunggulan. Namun, proses percepatan pengembangan produk yang tidak dilakukan dengan hati-hati dapat mengorbankan kualitas produk yang yang dihasilkan.
Melihat permasalahan tersebut, PDMA Indonesia mengundang para pelaku industri khusus makanan dan minuman di Indonesia dalam seminar sehari yang bertajuk “Winning Competition Through Good Product Management” yang bertempat di Kampus PPM selasa lalu (7/5).

Seminar yang membahas tentang pengembangan produk dengan manajemen produk yang lebih baik ini mengundang Mardi Wu, CEO PT Nutrifood Indonesia. Iklim kerja Nutrifood yang menurut Mardi sangat professional sangat mendukung pengembangan produk sehingga dapat menghasilkan produk yang kini dikenal sebagai produk ‘premium’ dan disukai konsumen. Ada beberapa tahapan product development yang dia dan timnya lakukan sebelum diluncurkan ke pasar, pertama adalah idea screen dan scooping, kemudian business case & plan, development, testing & validation, dan terakhir adalah launch. Lebih lanjut menurut Mardi, melihat dan membaca referensi dari luar juga sangat membantu dalam proses product development ini. ita

Artikel Lainnya