Memenangkan Kompetisi Pasar dengan Good Product Management




Untuk memenangkan pasar penjualan produk baru, good product management atau manajemen produk baru yang baik dan benar harus diterapkan oleh sebuah perusahaan. Manajeman produk yang baik akan menghasilkan produk yang baik pula. Inovasi merupakan salah satu langkah untuk memenangkan kompetisi tersebut.

Dalam kompetisi akan memunculkan persaingan dan persainganan inilah yang membuat produsen melakukan percepatan pengembangan produk untuk menjadi yang pertama masuk ke pasar dan mendapat keunggulan. Namun, proses percepatan pengembangan produk yang tidak dilakukan dengan hati-hati dapat mengorbankan kualitas produk yang yang dihasilkan.
Melihat permasalahan tersebut, PDMA Indonesia mengundang para pelaku industri khusus makanan dan minuman di Indonesia dalam seminar sehari yang bertajuk “Winning Competition Through Good Product Management” yang bertempat di Kampus PPM selasa lalu (7/5).

Seminar yang membahas tentang pengembangan produk dengan manajemen produk yang lebih baik ini mengundang Mardi Wu, CEO PT Nutrifood Indonesia. Iklim kerja Nutrifood yang menurut Mardi sangat professional sangat mendukung pengembangan produk sehingga dapat menghasilkan produk yang kini dikenal sebagai produk ‘premium’ dan disukai konsumen. Ada beberapa tahapan product development yang dia dan timnya lakukan sebelum diluncurkan ke pasar, pertama adalah idea screen dan scooping, kemudian business case & plan, development, testing & validation, dan terakhir adalah launch. Lebih lanjut menurut Mardi, melihat dan membaca referensi dari luar juga sangat membantu dalam proses product development ini. ita

Artikel Lainnya

  • Jun 25, 2024

    Peningkatan Kualitas SDM Indonesia dengan Program Minum Susu

    Kualitas SDM Indonesia selalu mengalami perkembangan, namun masih perlu ditingkatkan. Tantangan utama meliputi peningkatan kualitas pendidikan, akses terhadap layanan kesehatan berkualitas, dan pengurangan ketimpangan ekonomi dan sosial. Pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas SDM melalui berbagai program dan kebijakan. Diperlukan partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan. ...

  • Jun 24, 2024

    Yoghurt: Ragam & Inovasinya

    Yoghurt merupakan produk susu fermentasi populer yang dihasilkan oleh bakteri asam laktat; serta kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Selain itu, yoghurt juga dapat dikonsumsi untuk penderita intoleransi laktosa, karena sebagian laktosa telah terfermentasi menjadi asam laktat dan komponen lainnya. ...

  • Jun 21, 2024

    Susu Kambing: Karakteristik & Fungsionalitasnya

    Saat ini, tren konsumsi susu kambing kian marak. Hal ini didorong oleh beberapa faktor, di antaranya kemudahan pencernaan, tidak menimbulkan reaksi alergi, dan dapat digunakan sebagai pelengkap diet bagi kalangan yang memiliki kebutuhan zat gizi khusus. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat pasca pandemi Covid-19 turut memperkuat tren ini. Susu kambing dapat dikonsumsi dalam bentuk susu pasteurisasi maupun olahannya seperti yoghurt, kefir, dan keju. ...

  • Jun 07, 2024

    Tantangan Perubahan Iklim terhadap Keamanan Pangan

    Perubahan iklim telah menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi sektor pangan global. Kenaikan suhu, perubahan pola curah hujan, dan meningkatnya frekuensi peristiwa cuaca ekstrem seperti banjir dan kekeringan, mengganggu produksi pangan di berbagai belahan dunia. Perubahan ini tidak hanya mengurangi hasil panen, tetapi juga mempengaruhi kualitas pangan, meningkatkan risiko ketidakamanan pangan. Kondisi ini sangat meresahkan karena populasi dunia terus bertambah, sehingga kebutuhan pangan semakin mendesak. ...

  • Jun 07, 2024

    Validasi dan Verifikasi dalam Pengontrolan Alergen di Industri Pangan

    Validasi dan verifikasi merupakan dua langkah kunci dalam pengendalian alergen di industri pangan.  ...