Penerapan SNI Wajib pada Produk Pangan


 

Hingga saat ini penerapan SNI terkait pangan berlaku pada beberapa poin seperti penerap SNI sistem manajemen keamanan pangan yang telah ada sekitar 198 pelaku usaha, penerap SNI HACCP sejumlah 157 pelaku usaha, dan penerap SNI produk pangan yang terbagi menjadi SNI wajib seperti pada Air Minum dalam Kemasan (AMDK), tepung terigu, garam, kakao bubuk, kopi instan, tuna, sarden, dan makarel dalam kemasan kaleng, biskuit dan minyak goreng. 

 

Sedangkan untuk SNI sukarela diberlakukan seperti pada mi instan, margarin, teh dalam kemasan, produk olahan perikanan, dan lain-lain. Kepala Pusat Sistem Penerapan Standar BSN, Wahyu Purbowasito
mengungkapkan bahwa adanya penerapan SNI wajib ini didasarkan pada unsur keamanan, kesehatan, serta lingkungan. 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Juli 2019, Fermented Foods: Strong Trend in Food Industry. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039.

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...