Industri Pengemasan Indonesia Tumbuh 6-8%




Pameran Internasional dalam bidang teknologi pengolahan dan pengemasan, Allpack Indonesia 2019, resmi dibuka pada hari ini (30/10). Pameran yang diselenggarakan di Jakarta International Expo ini akan berlangsung selama tiga hari. Chief Executive Officer PT Kristamedia, Daud D. Salim, dalam Sambutan Upacara Pembukaan Allpack Indonesia 2019 mengungkapkan bahwa pameran ini menjadi ajang untuk meningkatkan dan memberikan inovasi baru untuk teknologi di bidang pengemasan dan pengolahan.

Dalam kesempatan yang sama, Business Development Director Indonesian Packaging Federation (IPF), Ariana Susanti juga menuturkan, industri kemasan pangan menjadi salah satu industri manufaktur yang berkembang pesat di Indonesia. "Perkembangan industri kemasan didorong oleh meningkatnya permintaan akan konsumsi produk pangan, yang tentunya membutuhkan teknologi pengemasan. Dalam catatan tahun lalu saja, industri pengemasan bertumbuh rata-rata 6% hingga 8% dengan valuasi mencapai Rp100 triliun," tutur Ariana.

Pameran ini diikuti oleh sekitar 885 perusahaan yang berasal dari 19 negara. Dalam acara ini akan dipamerkan teknologi-teknologi baru, yang diharapkan dapat diterapkan untuk meningkatkan pertumbuhan industri pangan dan kemasan di Indonesia. Mengingat, bahwa Indonesia saat ini sedang menghadapi era digitalisasi, menuju Making Indonesia 4.0, yang di dalamnya dibutuhkan inovasi-inovasi teknologi terbaru guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Fri-37

 

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...