BALADO Everlasting Traditional Tonality



Ketika orang menyebutkan kata “balado”, yang muncul dalam ingatan adalah sambal, pedas, merah, Padang, gurih, nagih. Citarasa “balado” ini sudah berjalan sekitar 15 tahun lebih dan masih menjadi rasa yang tidak bisa ditinggalkan sampai sekarang, bahkan bisa dikatakan bahwa rasa “balado” ini akan terus menjadi ikon rasa tradisional Indonesia yang selalu digunakan.

Rasa “balado” ini hampir menyamai rasa “barbeque” yang oleh banyak orang disebut sebagai rasa yang tidak pernah mati atau “never die flavor” khususnya di snack (makanan ringan).

Tapi untuk “balado” saat ini penggunaannya tidak hanya untuk segmen makanan ringan saja, tetapi juga sudah melebar hampir di semua segmen misalnya segmen bumbu masak siap saji, makanan kaleng (canned fish and beef), mie instan, sosis, nugget, dan tepung bumbu goreng.

Beberapa hal yang membuat citarasa “balado” bertahan dengan sebutan “everlasting tonality” adalah karena lidah konsumen Indonesia sudah terbiasa dan merasa sangat nyaman dengan profil rasa ini, bahkan merupakan rasa dari makanan “heritage” dari sebagian besar konsumen Indonesia.

Oleh: Lusiana Prajogo,
Business Development Manager Savory PT Indesso
Selengkapnya artikel ini dapat dibaca di majalah FOODREVIEW INDONESIA edisi Juli 2015, yang dapat diunduh di www.foodreview.co.id

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...