PERKEMBANGAN POLA KONSUMSI MASYARAKAT ASIA


 

Perubahan gaya hidup dan tingkat pendidikan menyebabkan konsumen memberikan perhatian lebih terhadap produk pangan yang memiliki efek fungsional ketika dikonsumsi. Berbagai tren pola konsumsi masyarakat dari vegetarian, gaya diet, menghindari produk mengandung alergen, dan sebagainya terus berkembang di kalangan masyarakat Asia. Beberapa di antara tren tersebut juga ada yang diadopsi dari Amerika dan Eropa, seperti penggunaan produk bebas gluten, bebas laktosa, dan tidak mengandung protein hewani. 

 

Food Science and Nutrition Analyst Mintel, Michelle Theodoro menyampaikan presentasi mengenai ìKey Nutritional Trends Set to Impact Asiaís Food and Drink Market Throughout 2017î pada rangkaian seminar Food Ingredients Asia 2016, di Jakarta mengatakan bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam mengonsumsi suatu produk pangan, seperti mode diet terkini dan alergi terhadap sesuatu yang terkandung dalam produk.  Selain itu, konsumen juga semakin memperhitungkan konsumsi gula yang diperoleh dari produk pangan. Oleh karena itu, industri harus menyebutkan secara jelas berapa jumlah gula yang ditambahkan ke dalam produk. Di Amerika juga terjadi peningkatan tren pangan bebas gluten dari total 31% orang Amarika tahun 2013 meningkat menjadi 43% orang Amerika tahun 2014. Tren tersebut turut mendorong penjualan produk bebas gluten meningkat 136% dengan estimasi biaya 11.6 Miliar Dolar Amerika.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada FOODREVIEW INDONESIA Vol XII, No 12, 2016 edisi "Trendy Bakery" di www.foodreview.co.id atau pustakapangan.com

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...