Potensi Probiotik Lokal pada Industri Pangan


 

Asian Conference on Lactic Acid Bacteria ke-10 (ACLAB-10), baru saja selesai diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada, 29-30 Agustus 2019 lalu. Seminar dengan topik bakteri asam laktat, probiotik, dan gut microbiota dihadiri oleh sekitar 300 peserta yang berasal dari 18 negara, terdiri dari 15 negara ASIA, serta beberapa negara lainnya, seperti, Bulgaria, Jerman, dan Mexico. Para peneliti dari berbagai negara telah menyampaikan unggulan penelitiannya, termasuk bagaimana mengembangkan potensi probiotik lokal.

Bakteri asam laktat yang berpotensi sebagai probiotik lokal, yang diungkap oleh beberapa invited speaker adalah Lactobacillus plantarum. Min Tze Liong (Malaysia) menyampaikan potensi strain probiotik lokal Malaysia Lactobacillus plantarum DR7 dalam mendukung kesehatan otak. Ying-Chieh Tsai (Taiwan) juga menyampaikan strain psychobiotic lokal L. plantarum PS128 yang diisolasi dari fu-tsai (fermentasi  alami mustard), yang memiliki keunggulan untuk mengatasi neurodegenerative disorder.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi November 2019, Gizi dan Kesehatan: Tantangan Industri Pangan. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039. 

 

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...