Wahyudi David, Resmi Terpilih Sebagai Ketua ASENSINDO




Asosiasi Sensori Indonesia (ASENSINDO) resmi menunjuk Wahyudi David dari Universitas Bakrie sebagai Ketua terpilih untuk periode tiga tahun ke depan. Deklarasi ini ditetapkan Rabu, 12 Juli 2023 dalam Kongres dan Kuliah Umum ASESINDO yang berlangsung secara virtual via Zoom. Sebagai ketua terpilih, Wahyudi David memberikan sambutan bahwa aspek sensori di Indonesia sangatlah luas dan memiliki peran yang krusial. 

"Sensori bukan hanya uji pelengkap, tetapi jauh lebih dari itu banyak prosedur yang dapat digunakan dalam konteks komersialisasi maupun akademis. Untuk itu, kami berharap agar dapat terus bekerja sama multisektoral sehingga lahirnya ASESINDO dapat menjadi tonggak pengembangan sensori di Indonesia," tuturnya. 

Di industri pangan, evaluasi sensori merupakan aspek penting untuk memastikan kualitas dan kepuasan konsumen terhadap produk yang dihasilkan. Evaluasi sensori melibatkan penggunaan indera manusia dalam mendeteksi, mengenali, dan menilai karakteristik sensori suatu produk, seperti penampilan, aroma, tekstur, rasa, dan kesan keseluruhan. Evaluasi sensori memainkan peran kunci dalam pengembangan, pengujian, dan perbaikan produk, serta dalam pengambilan keputusan terkait pemasaran dan pengembangan produk baru. Meski demikian, ASENSINDO memiliki cita-cita untuk lebih melebarkan aplikasi sensori yang tidak hanya berfokus pada sektor pangan saja, tetapi juga pada sektor nonpangan. 

"Sensori ini sifatnya memang multisektoral, prosedur-prosedur sensori juga sangat aplikatif di banyak sektor industri. Untuk itu, keinginan kami ke depan semoga kehadiran ASENSINDO dapat mewadahi tidak hanya di sektor pangan, tetapi juga sektor nonpangan," imbuhnya. 

Sekali lagi, selamat untuk Dr. agr Wahyudi David. Semoga ASENSINDO dapat terus berinovasi, berkolaborasi, dan meningkatkan pengembangan sensori baik di skala Indonesia maupun global. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...