Teknologi Filtrasi Air Terkini




Air bersih kini makin sulit didapat, terutama di kota-kota besar. Pencemaran oleh limbah pabrik, kotoran hewan, kotoran manusia, sampah rumah tangga menyebabkan makin sulitnya mendapatkan air berkualitas. Hal tersebut diungkap dalam seminar “Water Crisis...Air Anda Sumber Penyakit Anda” yang diseleggarakan oleh Yuki Water Treatment di Jakarta kemarin (21/5/2014). Seminar yang ditujukan untuk para pelaku bisnis di bidang pangan, rumah sakit, farmasi, perumahan dan kontraktor ini mengungkap pentingnya air bersih dan berkualitas dalam proses produksi.


Kebutuhan manusia akan air semakin tinggi, salah satunya adalah untuk minum. Tak hanya sebagai penghilang dahaga, peran air cukup krusial dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari seperti misalnya untuk mencuci, memasak, pengairan (sawah dan kebun), peternakan, termasuk memenuhi kebutuhan industri penyedia pangan seperti pabrik, restoran, katering, bakery dan caf.
Rina Septania, pakar air dari Yuki Water Treatment mengategorikan air menjadi tiga jenis, yakni air bersih saja, air steril (langsung bisa diminum), dan air dengan standar tertentu berdasarkan permintaan atau kebutuhan. Untuk keperluan rumah tangga seperti untuk cuci-cuci, mandi dan membersihkan peralatan, kategori air bersih saja sudah bisa digunakan. Lain halnya jika air diperuntukan untuk konsumsi.


Ciri air bersih dan berkualitas secara fisik adalah tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Semakin tinggi tingkat pencemaran, semakin sulit pula mendapatkan air bersih. Proses mengolah air akhirnya dibutuhkan untuk mendapatkan air bersih dan layak kosumsi, salah satunya yakni proses filtrasi. Proses filtrasi atau penjernihan air adalah proses pembersihan partikel padat dari suatu fluida dengan melewatkannya pada medium penyaringan. Tujuannya adalah untuk me-recycle air kotor atau limbah menjadi air bersih supaya bisa digunakan kembali. Air yang sudah bersih belum tentu bisa digunakan sebagai air konsumsi, karena belum steril. Oleh sebab itu, air harus melalui rangkaian proses filtrasi yang lebih lengkap supaya steril, bebas kuman dan bisa diminum. Jika kandungan metal atau logam dalam air tinggi, maka proses demineralisasi atau proses penghilangan kandungan logam dengan reverse osmosis perlu dilakukan. Rangkaian sistem filtrasi inilah yang ditawarkan oleh Yuki Water Treatment untuk memastikan ketersediaan air bersih dan berkualitas untuk skala rumah tangga maupun industri.


Cara mensterilkan air ternyata bukan hanya dengan rangkain proses fltrasi, tetapi menurut Phil Jones, Pakar air dari Viqua, Kanada, cara yang sama efektifnya untuk mensterilkan air yakni dengan menggunakan sinar ultra violet (UV). Dengan menggunakan sinar UV, proses desinfeksi menjadi lebih instan; bebas bahan kimia; tidak ada efek samping proses desinfeksi; tidak mengubah rasa, pH, dan bau; efektif menghilangkan 99,9% bakteri (E.coli, Salmonella, Giardia), virus, jamur; lebih efisien daripada menggunakan klorin, dan metode ini telah terbukti, terpercaya dan tersertifikasi. Ita

Artikel Lainnya