Telah hadir, Kukis dan Pemanis Bebas Bahan Pemicu Alergi




Meningkatnya penderita alergi dan prevalensi autisme di dunia termasuk di Indonesia yang diperkirakan memiliki tingkat pervalensi anak dengan autisme sebesar 1:150 anak, melatarbelakangi peluncuran kukis bebas gluten dan kasein oleh PT Nutrifood Indonesia ini. Melalui brand Tropicana Slim, PT Nutrifood Indonesia kemarin (25/6/2014) di Jakarta, meluncurkan produk sejenis kukis bermerek Alergon dan gula rendah kalori dari daun stevia dengan merek SteLeaf.

Gluten merupakan senyawa protein yang secara alami terdapat pada biji-bijian, seperti gandum dan produk olahannya seperti mi, roti, kue, produk olahan daging, kecap, biskuit, termasuk kukis. Menurut Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM ahli divisi alergi dan imunoliogi klinik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI, terdapat orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan apabila mengonsumsi jenis makanan tersebut. Gangguannya bervariasi, mulai dari gangguan pencernaan seperti diare, muntah, nyeri perut, hingga lemas, gatal, dan sesak nafas. Termasuk anak autisme yang sistem pencernaannya bocor (leaky gut) sehingga tidak dapat mencerna protein gluten dengan baik.

Raine Widjaja, M.Si., Brand Manager Tropicana Slim Alergon, mengatakan, kukis bebas gluten ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap para penderita alergi, terutama penderita alergi gluten dan juga untuk anak penderita autisme. Alergon terbuat dari tepung beras dan tepung singkong, tanpa terigu dan susu, inilah yang menyebabkan kukis ini diklaim sebagai produk bebas bahan pemicu alergi dan aman dikonsumsi anak dengan autism. Ita

Artikel Lainnya