Jamu Brand Indonesia Di Agro & Food 2013




Agro & Food Expo 2013 kembali digelar di Hall B Jakarta Convention Center Jakarta (JCC) pada 23-26 Mei lalu. Menteri Pertanian, Dr. Ir. Suswono, membuka pameran yang sudah terselenggara selama 13 kali ini. Suswono mengatakan, tema yang diusung tahun ini adalah Jamu Brand Indonesia.

“Tema ini diangkat karena seperti yang diketahui jamu adalah produk dari tanaman obat Indonesia yang memiliki nilai historis dan juga merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Selain itu kita juga ingin jamu sebagai produk nasional yang dapat mengangkat harkat dan martabat Indonesia di dunia Internasional ” ujar Suswono saat meberikan sambutan.

Suswono juga mengemukakan, nilai ekspor rempah saat ini menduduki posisi keempat terbesar dari seluruh produk pertanian Indonesia yang diekspor ke luar negeri. “Rempah Indonesia menyumbang 9% dari total pasar rempah dunia. Lada dan pala merupakan produk unggulan ekspor Indonesia. Bahkan lada mendapat julukan King of Spices, karena merupakan produk rempah terkuat dan terpenting dalam perdagangan internasional ”.

Pameran Agro & Food 2013 yang diikuti oleh 300 peserta dari Indonesia, China dan Taiwan yang menampilkan berbagai komoditas pertanian unggulan, diharapkan mampu mempromosikan produk-produk pertania dan makanan dalam negeri. Adapun produk-produk yang ditampilkan pada pameran adalah komoditas unggulan, seperti cokelat, kopi, teh, rempah-rempah, produk pangan, produk herbal dan obat-obatan, produk kehutanan, peternakan, kelautan dan perikanan, serta alat pertanian.

Agro & Food Expo merupakan pameran Agribisnis yang terbesar di Indonesia, diselenggarakan setiap tahunnya sejak 2001. Pameran ini diharapkan turut mendukung tercapainya program kemandirian pangan, yakni Swasembada Pangan 2014. Disela-sela pameran diadakan beberapa talk show diantaranya oleh DirJen Tanaman Pangan tentang pengembangan agribisnis pangan alternatif, Mustika Ratu, dan Sidomuncul yang diikuti beberapa mahasiswa dan peserta pameran. Agro & Food Expo 2013 ini juga dilaksanakan bersamaan dengan Gebyar Wisata & Budaya Nusantara (GWBN) 2013. Afrilia

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2024

    Napindo Kembali Hadirkan Pameran dan Forum Internasional Terbesar di Sektor Peternakan, Perikanan, dan Agribisnis

    PT Napindo Media Ashatama (Napindo) kembali menyelenggarakan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed, Indo Fisheries, Indo Dairy, Indo Agrotech dan Indo Vet 2024 yang akan dibuka pada 17-19 Juli 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Assistant Project Director Napindo, Lisa Rusli mengatakan bahwa pameran pada kali ini akan mengusung tema ketahanan pangan sebagai pilar stabilitas nasional. “Pameran ini menampilkan berbagai segmen mulai dari peternakan, pengolahan hasil ternak, kesehatan hewan ternak, hingga pameran pakan ternak, pengolahan susu, sistem kandang, kebersihan, dan pengemasan hasil olahan susu,” ujarnya dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Senin, 15 Juli 2024 di JCC.  ...

  • Jul 15, 2024

    Pemanfaatan Teknologi Membran dalam Produksi Peptida Bioaktif sebagai Ingridien Pangan Fungsional

    Perubahan pola konsumsi masyarakat dewasa ini memicu transformasi industri pangan. Konsumen kini lebih sadar akan kesehatan dan kelestarian lingkungan, mendorong permintaan terhadap pangan fungsional, yang tidak hanya bergizi dan menyehatkan, tetapi juga diproduksi secara berkelanjutan (sustainable). Hal ini membuka peluang bagi pengembangan teknologi pangan yang inovatif dan ramah lingkungan. ...

  • Jul 08, 2024

    SINBIOTIK & MIKROBIOTA USUS

    Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan terus meningkat. Hal ini mendorong mereka untuk mencari dan memahani berbagai informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satu istilah dan informasi yang kini semakin dikenal masyarakat adalah mikrobiota usus (gut microbiota). Secara umum mikrobiota diartikan sebagai komunitas mikroorganisme pada suatu ekosistem.   ...

  • Jun 28, 2024

    Analisis Sensoris untuk Evaluasi Pengembangan Produk Baru

    Untuk mengevaluasi karakterisiktik suatu produk pangan melalui indra manusia seperti aroma, tekstur, rasa, dan penampilan, sangat diperlukan adanya analisis sensoris. Metodologi analisis sensoris ini diatur dalam standar SNI. Beberapa pengujian yang umum digunakan, yakni metode uji segitiga juga uji deskrpsi. ...

  • Jun 27, 2024

    Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 Hadir Kembali

    Pameran tahunan terbesar di Surabaya, Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 resmi dibuka hari ini, Pameran ini merupakan platform Business to Business yang diharapkan dapat memperluas wawasan para pengusaha pangan dan kemasan tentang potensi pasar di mancanegara sekaligus membentuk jaringan pemasaran mendorong pelaku usaha untuk menghasilkan produk-produk berkualitas serta kompeten.  ...