Menelaah Tantangan dan Peluang Industri Pangan Fungsional di Indonesia


 

Kecenderungan prevalensi penyakit degeneratif semakin meningkat di era masyarakat milenium. Beberapa penyebab penyakit ini diantaranya gaya hidup tidak sehat, merokok, dan makanan yang kurang menyehatkan. Penyakit tidak menular inilah yang bisa disebut sebagai silent killer. 

 

Seiring perkembangan tingkat pendidikan dan pendapatan masyarakat Indonesia, keinginan konsumen akan produk pangan semakin kompleks. Konsumen tidak hanya menginginkan pangan enak dan mengenyangkan, namun juga memiliki nilai tambah terhadap kesehatan meskipun dibandrol dengan harga sedikit lebih tinggi dibandingkan ëproduk pangan biasaí. 

Industri pangan pun berlomba-lomba melakukan inovasi produk pangan dengan klaim kesehatan, salah satunya adalah mengembangkan berbagai produk pangan fungsional. 

FOODREVIEW INDONESIA kembali menggelar In-Depth Seminar dengan tema ìChallenges and Opportunities of Functional Food Industryî. Acara tersebut digelar pada Kamis, 13 Oktober 2016 lalu di IPB International Convention Center Bogor. 

Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada FOODREVIEW INDONESIA Vol XI, No 11, 2016 edisi "Appropriate Packaging" di www.foodreview.co.id.

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...