Ada beberapa faktor yang membuat iklim IKM di Indonesia tumbuh dengan baik. Salah satunya adalah karena meningkatnya nilai kompetitif di antara para pengusaha yang memunculkan ide baru untuk pengusaha lain. Selain itu, ketersediaan infrastruktrur, bahan baku, dan bahan lainnya yang mendukung juga membangkitkan semangat untuk berwirausaha. Ditambah dengan adopsi teknologi di era 4.0 ini menjadikan masyarakat semakin mudah untuk memperoleh pengetahuan yang dapat dijadikan bekal untuk memulai usaha. Pada poin terakhir ini pula, IKM banyak memanfaatkan dengan layanan antar produk pangan. Selama pandemi ini, pertumbuhan layanan antar ini terus tumbuh dan menjadi pilihan utama ketika pembatasan sosial dan mobilitas diberlakukan. Seiring dengan kondisi lapangan yang terus meningkat, muncul pula inovasi-inovasi yang menjawab permasalahan layanan antar seperti desain kemasan dan teknologi untuk pengantaran yang lebih efektif sehingga tidak mengurangi kualitas produk pangan yang diantarkan.
Lebih lengkapnya silakan baca secara langsung FoodReview Indonesia edisi Oktober 2021: "Trends in Food Sustainability" dengan fitur digital interaktif yang dapat diakses pada https://bit.ly/fri21onlineoktober
Tidak mau ketinggalan setiap edisinya?
Daftar langsung untuk berlangganan (GRATIS) https://bit.ly/FRIDIGITAL
Gabung dan lengkapi koleksi majalah FoodReview:
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE
#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #trends #food #sustainability