Pertumbuhan IKM Pangan di Indonesia


 

Ada beberapa faktor yang membuat iklim IKM di Indonesia tumbuh dengan baik. Salah satunya adalah karena meningkatnya nilai kompetitif di antara para pengusaha yang memunculkan ide baru untuk pengusaha lain. Selain itu, ketersediaan infrastruktrur, bahan baku, dan bahan lainnya yang mendukung juga membangkitkan semangat untuk berwirausaha. Ditambah dengan adopsi teknologi di era 4.0 ini menjadikan masyarakat semakin mudah untuk memperoleh pengetahuan yang dapat dijadikan bekal untuk memulai usaha. Pada poin terakhir ini pula, IKM banyak memanfaatkan dengan layanan antar produk pangan. Selama pandemi ini, pertumbuhan layanan antar ini terus tumbuh dan menjadi pilihan utama ketika pembatasan sosial dan mobilitas diberlakukan. Seiring dengan kondisi lapangan yang terus meningkat, muncul pula inovasi-inovasi yang menjawab permasalahan layanan antar seperti desain kemasan dan teknologi untuk pengantaran yang lebih efektif sehingga tidak mengurangi kualitas produk pangan yang diantarkan.

 

Lebih lengkapnya silakan baca secara langsung FoodReview Indonesia edisi Oktober 2021: "Trends in Food Sustainability" dengan fitur digital interaktif yang dapat diakses pada https://bit.ly/fri21onlineoktober

Tidak mau ketinggalan setiap edisinya?
Daftar langsung untuk berlangganan (GRATIS) https://bit.ly/FRIDIGITAL 

Gabung dan lengkapi koleksi majalah FoodReview:
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity 
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE

#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #trends #food #sustainability

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...