Kondisi geografis dan beragamnya populasi di Indonesia tentu menghadirkan cita rasa tersendiri yang berbeda satu sama lain. Kendati demikian, jika dipetakan lebih mengerucut, perjalanan rasa konsumen Indonesia dapat dibagi menjadi tiga yakni: (1) baby boomers, (2) sweet spots, (3) millennials & gen Z (Gambar 1). Ketiganya memiliki profil rasa yang berbeda. Pada baby boomers, rasa yang mewakili adalah rasa-rasa tradisional, flavor penuh dengan kenyamanan. Sedangkan pada milenial dan gen z, lebih pada rasa otentik dengan eksplorasi rasa yang luas seperti hidangan internasional. Ditambah dengan flavor yang kuat dan trendi. Jika dilihat, keduanya memiliki profil kesukaan rasa yang sangat berbeda.
Lebih lengkapnya silakan baca secara langsung FoodReview Indonesia edisi Oktober 2021: "Trends in Food Sustainability" dengan fitur digital interaktif yang dapat diakses pada https://bit.ly/fri21onlineoktober
Tidak mau ketinggalan setiap edisinya?
Daftar langsung untuk berlangganan (GRATIS) https://bit.ly/FRIDIGITAL
Gabung dan lengkapi koleksi majalah FoodReview:
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE
#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #trends #food #sustainability