Indonesia memiliki potensi yang besar dalam pengembangan produk pangan halal. Tidak hanya sebagai pemenuhan terhadap kewajiban, halal juga dapat menjadi penguat merek sehingga konsumen semakin merasa aman dalam mengonsumsinya.
Melihat hal tersebut, Indonesia Halal Training & Education Center (IHATEC) mengadakan Top Halal Award 2023. Penghargaan ini diberikan kepada merek-merek yang meraih posisi teratas dalam Halal Index. Selain itu, penghargaan ini juga didasarkan pada survei langsung pada responden milenial terhadap merek-merek yang diketahui.
“Top Halal Award 2023 adalah penghargaan tahun ke-2 yang kami adakan. Di tahun sebelumnya, penghargaan ini telah mengantarkan merek-merek pemenang untuk bisa lebih meningkatkan daya saing produk,” ujar Direktur IHATEC Marketing Research, Evrin Lutfika S.TP., M.TPn.
Di kesempatan yang sama, Head of IHATEC Marketing Research, Anang Ghozali juga mengatakan bahwa pemenang Top Halal Award adalah merek-merek yang memenuhi dua ketentuan kriteria yakni: 1) Merek memiliki indeks di atas rata-rata indeks kategori produknya, 2) Merek-merek yang berdasarkan hasil survei berada pada posisi TOP 3 di dalam kategori produknya.
Berikut ini daftar merek yang memenangkan TOP HALAL AWARD 2023: ABC (Sirup, Saus Sambal, Kecap dan Sarden), Wall's (Es krim), Lux (Sabun Mandi), Waroeng Steak & Shake (Restoran Steak), Oriflame (Parfum), Regal (Biskuit Marie), Coca Cola (Soft Drink), Kopi Kenangan (Kafe Kopi), Aqua (AMDK), SGM (Susu Bubuk), Aice (Es Krim), Sajiku (Bumbu Instan), Masako (Penyedap Rasa), Azarine (Sunscreen), Kanzler (Sosis), McDonald's Indonesia (Restoran Cepat Saji), Garuda (Kacang Atom dan Kacang Kulit), Super Bubur (Bubur Instan), Asahi (Sarden). Kemudian ada Top Coffee (kopi bubuk), Koko Krunch (Sereal), Esteh Indonesia (Gerai Minuman), Bimoli (Minyak Goreng), Holland bakery (Bakery), Marugame Udon (Restoran Ramen & Sushi), Listerine (Mouthwash). Fri-35