Perkembangan Minuman Sari Kedelai


 

Sari kedelai atau biasa disebut susu kedelai merupakan susu berbasis tanaman (plant milk) yang populer. Produk ini telah ada di Cina sejak abad kedua sebelum masehi dan berkembang ke Jepang, kemudian setelah Perang Dunia II menyebar ke negara-negara Asia Tenggara. Sejak 1945, susu kedelai telah dipopulerkan di Hongkong dengan nama Vitasoy, yaitu berupa minuman ringan dengan kadar protein 2.5-3%. Di Singapura dan Malaysia sejak 1952 telah diproduksi susu kedelai dalam botol secara komersial yang diberi nama Beanvit. Kemudian pada 1968 susu kedelai ini berkembang dengan nama Vitabean yang dikemas menggunakan metode ultrahigh temperature (UHT) dengan penambahan vitamin dan mineral. Di Filipina pada tahun 1970, susu kedelai dalam botol diperkenalkan dengan nama Philsoy. 

 

Saat ini di Indonesia, susu kedelai bermunculan dalam kemasan kotak karton, botol atau kaleng yang diproduksi oleh beberapa industri makanan. Sebenarnya minuman ini diilhami dari kelezatan bubur kacang hijau yang banyak disukai.  Sari kacang hijau bisa dikonsumsi langsung karena telah disaring dan dipisahkan dari ampasnya. Tidak hanya praktis, sari kacang hijau merupakan minuman kaya gizi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Artikel selengkapnya baca di FOODREVIEW INDONESIA edisi Agustus 2017 "Beverages: Thirst Quenching Industry"

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...