Kiprah LPPOM MUI dalam Ekosistem Halal Indonesia



LPPOM MUI sudah lama menjadi inisiator dalam memastikan kehalalan suatu produk pangan melalui sertifikasi. Hingga kini, LPPOM MUI terus berkontribusi dan berkomitmen dalam mendukung berlangsungnya wajib halal pada produk pangan di Indonesia. Tidak hanya halal, LPPOM MUI juga mulai berekspansi pada jenis layanan lain seperti pengujian laboratorium. 

“Kami memang memiliki tanggung jawab untuk compliance terhadap regulasi negara. Hal itu pula yang memotivasi kami untuk menjadi one stop service, sehingga tidak hanya halal saja tetapi juga peningkatan laboratorium halal yang sangat memadai,” ujar Direktur Utama LPPOM MUI, Muti Arintawati dalam Media Gathering LPPOM MUI sebagai bagian dari Tasyakur Milad LPPOM MUI ke-34 yang diselenggarakan di Jakarta, 17 Januari 2023.

Beberapa layanan laboratorium yang dimiliki oleh LPPOM MUI di antaranya adalah uji DNA spesies, uji kadar pelarut, uji mikrobiologi, jasa sampling swab mikrobiologi, dan pengujian lainnya. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...