Inovasi Mutakhir dari Industri Pangan Taiwan: Kunjungan ke Sembilan Pabrik di Taiwan


 

Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) akhir Maret lalu mengundang kami Foodreview Indonesia untuk berkunjung ke sembilan pabrik yang menjadi peserta pameran Food Taipei Mega Show 2024. Kami mengunjungi produsen teh bubuk, produsen plant-based food, produsen mesin pengemas dan penyegel, produsen mesin pembuat mie, produsen mesin penghalus dan pencampur, produsen super food, supplier seafood berkualitas tinggi, serta institusi penelitian dan pengembangan produk untuk mengetahui insight yang akan mereka tampilkan pada Food Taipei mendatang. Laporan ini mungkin bisa menjadi alasan Anda untuk berkunjung ke pameran ini nanti.

 

Teh Bubuk dengan Karakter Unik Asal Taiwan

Perkebunan teh ada di hampir semua wilayah Taiwan dan setiap wilayah menyuguhkan citarasa teh yang unik. Kami mendapat kesempatan untuk berkunjung ke salah satu pabrik yang telah mengolah teh selama 150 tahun. Dancing Tea Co., Ltd., sebuah perusahan keluarga yang kini mengolah daun teh menjadi bubuk teh berkualitas yang bisa diaplikasikan sebagai ingridien untuk baking, pastry. dessert, snack, minuman, produk kesehatan dan produk pangan lainnya. Dancing Tea mengolah daun teh menjadi tea fanning dan tea powder. Tea fanning cocok untuk memberikan tekstur pada produk, meningkatkan mouthfeel, aroma serta membentuk karakteristik teh yang kuat pada produk. Sedangkan tea powder mudah untuk bercampur dengan adonan dan bsia menghasilkan flavor teh kuat meski hanya sedikit bubuk teh yang ditambahkan.

Ada 24 varian bubuk teh dan tea fanning yang dimiliki Dancing Tea yang terbagi menjadi 4 seri yakni seri black tea, seri oolong tea, seri green tea,  dan seri herbal tea.  Selain itu, ada juga teh dekafein dan 6 kategori lagi. Untuk membantu industri pangan, Johnny Lin, pemilik Dancing Tea mengatakan bahwa perusahaannya menyediakan ratusan ide aplikasi bubuk teh ke berbagai produk supaya industri bisa mengembangkan produk baru berbahan bubuk teh yang unik.

Dancing Tea telah mengantongi sertifikasi keamanan pangan yakni FSSC 22000, serta sertifikasi produk organik dari Tse -Xin Organic Certification. Perusahaan ini juga menawarkan jasa OEM untuk tea bag packing, produksi es krim, popcorn, dan OEM one stop service mulai dari pengemasan bahan mentah hingga produk siap dijual.




 

Plant Based Food Kaya Rasa

Neo Foods Company Limited merupakan produsen pangan olahan berbahan nabati. Produk utama mereka adalah hidangan siap makan berbahan daging nabati seperti braised beef noodle soup, veggie beef with japanese curry, veggie beef truffle cream sauce, kung pao chicken, popcorn chicken, nugget, dumpling, meatball, veggie shredded chicken dan tuna, minced beef, minced pork, dan lainnya. Neo Food merupakan bagian dari Dachan Group yang sudah lebih dari 60 tahun berbisnis di bidang pertanian dan pangan olahan. Pada 2020 Dachan Group merilis Neo Food untuk memenuhi permintaan pasar vegetarian Taiwan dan global yang sangat berkembang.

Produk andalan Neo Food adalah braised veggie beef noodle soup, merupakan sup mie daging sapi khas Taiwan yang berkuah kaldu kental dengan daging sapi yang empuk. Produk ini berhasil meraih penghargaan Food Innovation Award of Taipei City pada 2022 dan  Superior Taste Award 2023 of International Taste Institute di Brussels.

Jenkins Huang, Vice President Neo Food menceritakan bahwa produk Neo Food ada untuk memberikan pilihan pada konsumen akan pangan sumber protein selain dari hewani. Neo Food dibuat dari campuran berbagai plant-based protein diantaranya yakni kedelai, chickpea, beras, wheat, juga pumpkin. Dengan teknologi produksi yang terintegrasi, tim R&D mengolah plant-based protein menjadi plant-based food dengan tekstur dan rasa mirip daging asli, tanpa rasa langu, bebas bahan tambahan kimia, tanpa tambahan perasa, kaya protein, serat dan vitamin B12 sehingga cocok diolah untuk kebutuhan kuliner yang luas. Produk Neo Food bersifat customize able dan bisa direformulasi untuk kebutuhan pasar tertentu.




 

Lembaga Penelitian Pemerintah Dukung Daya Saing Industri Pangan Taiwan

Food Industry Research and Development Institute (FIRDI) adalah lembaga penelitian pangan terkemuka di Taiwan yang selama ini berfokus pada penelitian dan pengembangan industri pangan Taiwan serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masa depan industri makanan olahan yang berkualitas. FIRDI fokus pada beberapa penelitian dan pengembangan untuk inovasi pangan dengan mengoptimalkan teknologi pangan guna memenuhi aspek kualitas dan kesehatan; keamanan pangan untuk perlindungan terhadap keamanan dan kualitas pangan sehingga mempermudah industri untuk naik kelas (upgrade) karena 90% industri Taiwan berskala kecil dan menengah; dan bioteknologi untuk mendukung inovasi pangan dari berbagi sumber daya hayati.

Yi-Lun Sun, Associate Research Scientist Planning and Integrated Marketing Group Planning Office dalam presentasinya mengungkap nilai produksi industri pangan di Taiwan meningkat sejak 5 tahun lalu. Untuk mendukung daya saing industri pangan Taiwan, FIRDI mengadakan berbagai program penghargaan, salah satunya adalah Fun Food Taiwan sejak 2020.

Fun Food Taiwan merupakan ajang untuk mempromosikan inovasi produk industri pangan Taiwan ke pasar global. Ada beberapa kategori seleksi produk yakni prepared food, baked food dan general food. Core value dari Fun Food Taiwan ada tiga yakni, clean (sedikit bahan tambahan, ingridien berkualitas, fit untuk clean labeling), design (desain produk, kemasan dan tekstur produk yang unik, ada nilai budaya, marketing yang tepat untuk konsumen), dan sustainability (pemanfaatan whole food, pengurangan emisi karbon, kemasan ramah lingkungan, dan kesegaran produk terjaga). Pemenang penghargaan ini nantinya akan diajak untuk mempromosikan produknya secara internasional melalui berbagai pameran, termasuk di ajang Food Taipei Mega Show 2024.

 

Mesin Pembuat Mie Otomatis Berkualitas

Baru-baru ini, permintaan pasar untuk fresh noodle seperti ramen dan udon meningkat termasuk di Indonesia. Melihat tren ini Kuo Chang Machinery Co., Ltd (KCMC)., mendesain dan memproduksi fresh noodle making machine untuk skala restoran. Mesin berteknologi tinggi ini bisa membantu para produsen mie untuk produksi yang lebih efisien. Selain untuk memproduksi fresh noodle, mesin ini juga bisa digunakan untuk membuat kulit dumpling. Bentuk mesin ramping dengan ukuran 197 cm (P) x 97 cm (L) x 165 cm (T) dan berat 450 kg, memiliki kapasitas produksi 25-45 kg/jam.

Berusia hampir setengah abad, KCMC berpengalaman membuat mesin produksi mie berkualitas dengan standar tinggi. Perusahaan ini mampu mendesain lini produksi dan membuat mesin otomatis produksi mie instan, mie kering, mie segar termasuk ramen dan udon untuk pabrik mie berskala kecil hingga besar. Selain itu ada juga vacuum flour mixer, turnover tank for noodle cooking dan mesin otomatis produksi kulit dumpling. Amy Chen, Vice General Manager Kuo Chang Machinery Co., Ltd., mengungkap meski ada banyak kompetitor serupa, dirinya memastikan bahwa mesin KCMC berstandar tinggi. Hal ini karena perusahaan didukung oleh tim R&D yang bekerja mengembangkan desain dan kapasitas mesin. Jika diperlukan oleh industri, KCMC juga bisa memanfaatkan teknologi AI dan perangkat lunak untuk merancang mesin pembuat mie otomatis berkualitas dengan produktivitas tinggi.  (Fitria BY)

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2024

    Napindo Kembali Hadirkan Pameran dan Forum Internasional Terbesar di Sektor Peternakan, Perikanan, dan Agribisnis

    PT Napindo Media Ashatama (Napindo) kembali menyelenggarakan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed, Indo Fisheries, Indo Dairy, Indo Agrotech dan Indo Vet 2024 yang akan dibuka pada 17-19 Juli 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Assistant Project Director Napindo, Lisa Rusli mengatakan bahwa pameran pada kali ini akan mengusung tema ketahanan pangan sebagai pilar stabilitas nasional. “Pameran ini menampilkan berbagai segmen mulai dari peternakan, pengolahan hasil ternak, kesehatan hewan ternak, hingga pameran pakan ternak, pengolahan susu, sistem kandang, kebersihan, dan pengemasan hasil olahan susu,” ujarnya dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Senin, 15 Juli 2024 di JCC.  ...

  • Jul 15, 2024

    Pemanfaatan Teknologi Membran dalam Produksi Peptida Bioaktif sebagai Ingridien Pangan Fungsional

    Perubahan pola konsumsi masyarakat dewasa ini memicu transformasi industri pangan. Konsumen kini lebih sadar akan kesehatan dan kelestarian lingkungan, mendorong permintaan terhadap pangan fungsional, yang tidak hanya bergizi dan menyehatkan, tetapi juga diproduksi secara berkelanjutan (sustainable). Hal ini membuka peluang bagi pengembangan teknologi pangan yang inovatif dan ramah lingkungan. ...

  • Jul 08, 2024

    SINBIOTIK & MIKROBIOTA USUS

    Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan terus meningkat. Hal ini mendorong mereka untuk mencari dan memahani berbagai informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satu istilah dan informasi yang kini semakin dikenal masyarakat adalah mikrobiota usus (gut microbiota). Secara umum mikrobiota diartikan sebagai komunitas mikroorganisme pada suatu ekosistem.   ...

  • Jun 28, 2024

    Analisis Sensoris untuk Evaluasi Pengembangan Produk Baru

    Untuk mengevaluasi karakterisiktik suatu produk pangan melalui indra manusia seperti aroma, tekstur, rasa, dan penampilan, sangat diperlukan adanya analisis sensoris. Metodologi analisis sensoris ini diatur dalam standar SNI. Beberapa pengujian yang umum digunakan, yakni metode uji segitiga juga uji deskrpsi. ...

  • Jun 27, 2024

    Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 Hadir Kembali

    Pameran tahunan terbesar di Surabaya, Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 resmi dibuka hari ini, Pameran ini merupakan platform Business to Business yang diharapkan dapat memperluas wawasan para pengusaha pangan dan kemasan tentang potensi pasar di mancanegara sekaligus membentuk jaringan pemasaran mendorong pelaku usaha untuk menghasilkan produk-produk berkualitas serta kompeten.  ...