Inovasi Mutakhir dari Industri Pangan Taiwan: Kunjungan ke Sembilan Pabrik di Taiwan (2)


Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) akhir Maret lalu mengundang kami Foodreview Indonesia untuk berkunjung ke sembilan pabrik yang menjadi peserta pameran Food Taipei Mega Show 2024. Kami mengunjungi produsen teh bubuk, produsen plant-based food, produsen mesin pengemas dan penyegel, produsen mesin pembuat mie, produsen mesin penghalus dan pencampur, produsen super food, supplier seafood berkualitas tinggi, serta institusi penelitian dan pengembangan produk untuk mengetahui insight yang akan mereka tampilkan pada Food Taipei mendatang. Laporan ini mungkin bisa menjadi alasan Anda untuk berkunjung ke pameran ini nanti.


Teknologi Pengemasan Terkini, Pertahankan Kesegaran Produk

DingCrest Cold Chain adalah pengimpor seafood dan menawarkan layanan OEM dan ODM untuk daging segar dan seafood juga shellfish (udang, lobster, kepiting, ikan, gurita dan kerang). DingCrest Cold Chain menggunakan pengemasan vacuum skin packaging untuk mengemas produk segarnya yang berkualitas. Teknologi pengemasan makanan ini dapat mempertahankan kesegaran, rasa, dan tekstur produk. Teknologi pengemasan ini juga membuat produk terlihat menarik secara visual.

Untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan mempertahankan posisi mereka sebagai yang terdepan dalam teknologi pengawetan makanan, DingCrest Cold Chain telah menggunakan mesin multivac thermoforming vacuum skin packaging dari Jerman. Selain itu, pabrik ini juga telah dilengkapi dengan mesin pembekuan cepat yakni mesin IQF (individual quick freezing) dan lini produksi pengemasan otomatis. Perusahaan ini juga memiliki mesin otomatis pemotong kaki kepiting (automatic crab leg cutter) yang dapat memotong secara akurat kaki kepiting dengan hasil rapi serta menawarkan layanan pemotongan dengan beragam opsi.

Mr. Hsu, CEO DingCrest Cold Chain mengungkap bahwa dari hasil uji coba yang dilakukan tim selama beberapa tahun, perusahaannya kini memiliki lebih dari 100 data produk/bahan untuk kebutuhan pengemasan vacuum skin seperti data suhu lingkungan, suhu pendinginan, suhu pembekuan, jenis seafood, shellfish, produk bertekstur lunak, sayur dan buah yang belum dan sudah dikupas. Untuk menjaga keamanan dan kehigienisan produk, perusahaan ini telah mengantongi beberapa sertifikat keamanan pangan seperti sertifikasi ASC, MSC, FSC, HACCP, ISO 22000:2018, dan FSSC 22000.



 



Branding Optimal dengan Shrink Sleeve Labeling

Pelabelan adalah proses penting untuk branding sebuah produk. Jika Anda ingin melakukan branding produk dari atas bawah, depan belakang, maka shrink sleeve labeling adalah pilihan yang tepat. Shrink sleeve labeling kini semakin populer untuk botol, kaleng dan wadah pengemas makanan lainnya, seperti pada cup jelly dan cup yoghurt.

Xu Yuan Packaging Technology Co., Ltd., (XYP) adalah salah satu pembuat dan pengekspor mesin shrink sleeve labeling terkemuka asal Taiwan. Selain itu mesin dari XYP bisa diaplikasikan untuk meng-insert label untuk cap sealing, labeling untuk seluruh bagian botol, full body labeling, dan middle body labeling.

Menurut Peggy Chang dari Xu Yuan Packaging Technology Co., Ltd., ada beberapa tantangan yang dihadapi industri pangan pasca Covid-19 yakni meningkatnya beberapa komponen biaya yakni gaji karyawan, pengemasan, dan energi. Salah satu Solusi untuk menurunkan biaya produksi adalah pengadaan peralatan produksi yang efisien dengan produktivitas tinggi. Auto Splicer Shrink Sleeve Machine, mesin pengemas otomatis dari XYP bisa membantu industri untuk menghemat biaya produksi, mengurangi emisi karbon dan meningkatkan efektivitas produksi.

 

Mesin Penepung untuk Segala Bahan

Salah satu proses penting dalam pengolahan makanan dan di industri lainnya adalah proses penepungan, yaitu proses menggiling bahan dari ukuran besar menjadi ukuran kecil atau lembut (tepung). Proses ini tentu membutuhkan mesin untuk melakukannya.  Mesin inilah yang disebut biasanya dengan mesin giling/penepung atau grinder atau miller.

Mill Powder Tech Co., Ltd., merupakan salah satu penyedia mesin giling dan pencampur untuk berbagai industri termasuk industri pangan. Dengan pengalaman lebih dari 80 tahun dalam hal penepungan, Mill Powder Tech Co., Ltd., menyediakan mesin giling untuk berbagai penepungan bahan salah satunya Pin Mill. Mesin ini dapat diaplikasikan untuk berbagai produk (kecuali untuk bahan tinggi minyak dan lengket) seperti biji kopi, agar-agar, karagenan, pea, barley, beras, kedelai, kacang merah, aneka rempah seperti cabai kering, kayu manis, cengkeh. ketumbar, jahe, bawang putih, kunyit, dan lada. Tingkat kehalusan hasil penepungan bisa disesuaikan dengan cara mengganti filter dan penyesuaian kecepatan rotor. Mesin ini juga mudah dibersihkan dan pemeliharaan.

Tony Ling, General manager Mill Powder Tech Co., LTD., mengatakan bahwa kini ia berfokus memasarkan produknya pada perusahaan yang membutuhkan bubuk serta perusahaan yang membutuhkan proses penepungan. Selain mesin penggiling, Perusahaan ini juga menawarkan, IBC Mixing System. Mesin pencampur (mixer) dengan kapasitas 100-2000 L/ batch, bisa dipindah-pindah, bisa berfungsi sebagai tank penyimpanan, tahan lama dan bisa digunakan untuk metode single machine juga turnkey. 





 

Teknologi Pembekuan CAS untuk Pengolahan Ikan

Anyong Biotechnology Inc. (ANYO) merupakan perusahaan pengolah ikan asal Taiwan yang berteknologi tinggi. Perusahaan ini mengadopsi teknologi pembekuan bernama Cell Alive System (CAS) buatan Jepang. Dengan teknologi ini, kesegaran dan kualitas produk perikanan yang dibekukan terjaga sangat baik.

Teknologi CAS menggunakan medan elektromagnetik dan getaran mekanis untuk membatasi pembentukan kristal es yang menghancurkan dinding sel dan tekstur makanan. Molekul air yang terdapat dalam bahan dibekukan dengan sangat cepat (flash freeze) untuk meminimalkan kerusakan yang terjadi pada sel. CAS freezer diklaim mampu menjaga kesegaran bahan makanan sama seperti sebelum dibekukan, bahkan ketika bahan tersebut dicairkan kembali (thawed) setelah dibekukan. Dengan memanfaatkan pembekuan CAS, Anyong Biotechnology Inc. melakukan proses pengolahan ikan secara utuh. Selain itu, perusahaan ini menerapkan teknologi Fractional Precision Pressurized Extraction untuk memproduksi essence/pati/ekstrak dari ikan barramundi. Bryan Ou, Director Biotech Business Div mengungkap, dengan teknologi ini ANYO dapat memanfaatkan ikan barramundi hingga 82%. Sisa proses ekstraksi akan diolah kembali menjadi produk sampingan menjadi tepung ikan untuk pakan hewan. Ekstrak ikan barramundi yang bernama Santé Premium Silver Perch Essence ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan lokal dan internasional dan merupakan pangan fungsional yang menyehatkan tubuh.




 

Mesin Cup Sealer Kokoh untuk Industri Kuliner

Mesin cup sealer sangat dibutuhkan dalam usaha kuliner minuman terutama di Taiwan yang merupakan ikonik minuman teh dan boba kaki lima. Pun demikian di Indonesia makin marak coffee shop, dan penjual minuman rasa buah, teh, dan jus pinggir jalan.

Ada banyak jenis mesin cup sealer, salah satunya Tabletop Cup Sealing Machine: YF-989 dari Y-Fang Sealing Machine Ltd., yang telah menjual mesin penyegel cup sejak 1985. Mesin YF-989 ini diklaim sangat rendah biaya produksi namun tingkat produktivitasnya tinggi.

Badan mesin cup sealer ini bentuknya ramping dan terbuat dari plastik ABS yang kuat namun ringan. Berat mesin ini sekitar 20 kg dan produktivitasnya mencapai 400 cup per hari. Kevin Chang, Manager Y-Fang Sealing Machine mengatakan bahwa mesin YF-989 ini bisa menyegel berbagai jenis materi cup seperti PE, PP, kertas, aluminium, dan easy tear film. Dengan harga terjangkau dan cocok untuk usaha skala kecil menengah, mesin ini dilengkapi dengan deteksi otomatis jika terjadi error, ada safety door dan hand cover untuk mencegah kedaruratan, serta mudah digunakan. (Fitria BY)



 

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2024

    Napindo Kembali Hadirkan Pameran dan Forum Internasional Terbesar di Sektor Peternakan, Perikanan, dan Agribisnis

    PT Napindo Media Ashatama (Napindo) kembali menyelenggarakan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed, Indo Fisheries, Indo Dairy, Indo Agrotech dan Indo Vet 2024 yang akan dibuka pada 17-19 Juli 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Assistant Project Director Napindo, Lisa Rusli mengatakan bahwa pameran pada kali ini akan mengusung tema ketahanan pangan sebagai pilar stabilitas nasional. “Pameran ini menampilkan berbagai segmen mulai dari peternakan, pengolahan hasil ternak, kesehatan hewan ternak, hingga pameran pakan ternak, pengolahan susu, sistem kandang, kebersihan, dan pengemasan hasil olahan susu,” ujarnya dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Senin, 15 Juli 2024 di JCC.  ...

  • Jul 15, 2024

    Pemanfaatan Teknologi Membran dalam Produksi Peptida Bioaktif sebagai Ingridien Pangan Fungsional

    Perubahan pola konsumsi masyarakat dewasa ini memicu transformasi industri pangan. Konsumen kini lebih sadar akan kesehatan dan kelestarian lingkungan, mendorong permintaan terhadap pangan fungsional, yang tidak hanya bergizi dan menyehatkan, tetapi juga diproduksi secara berkelanjutan (sustainable). Hal ini membuka peluang bagi pengembangan teknologi pangan yang inovatif dan ramah lingkungan. ...

  • Jul 08, 2024

    SINBIOTIK & MIKROBIOTA USUS

    Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan terus meningkat. Hal ini mendorong mereka untuk mencari dan memahani berbagai informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satu istilah dan informasi yang kini semakin dikenal masyarakat adalah mikrobiota usus (gut microbiota). Secara umum mikrobiota diartikan sebagai komunitas mikroorganisme pada suatu ekosistem.   ...

  • Jun 28, 2024

    Analisis Sensoris untuk Evaluasi Pengembangan Produk Baru

    Untuk mengevaluasi karakterisiktik suatu produk pangan melalui indra manusia seperti aroma, tekstur, rasa, dan penampilan, sangat diperlukan adanya analisis sensoris. Metodologi analisis sensoris ini diatur dalam standar SNI. Beberapa pengujian yang umum digunakan, yakni metode uji segitiga juga uji deskrpsi. ...

  • Jun 27, 2024

    Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 Hadir Kembali

    Pameran tahunan terbesar di Surabaya, Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 resmi dibuka hari ini, Pameran ini merupakan platform Business to Business yang diharapkan dapat memperluas wawasan para pengusaha pangan dan kemasan tentang potensi pasar di mancanegara sekaligus membentuk jaringan pemasaran mendorong pelaku usaha untuk menghasilkan produk-produk berkualitas serta kompeten.  ...