Inovasi Mutakhir dari Industri Pangan Taiwan


 

Pameran terkemuka di Taiwan, Food Taipei akan hadir pada 26-29 Juni 2024 di Taipei Nangang Exhibition Center. Peserta pameran dari seluruh dunia akan berkumpul untuk menampilkan aneka produk pangan segar, makanan beku, teh aromatik, minuman beralkohol olahan, kopi dan olahannya, inovasi makanan ringan, makanan organik yang menyehatkan, makanan nabati yang inovatif, makanan berbasis teknologi masa depan yang mutakhir serta berbagai mesin dan alat pendukungnya.

 

Food Taipei merupakan bagian dari Food Taipei Mega Shows, sebuah kolaborasi yang mencakup Foodtech Taipei, Bio/Pharmatech Taiwan, Taipei Pack, dan Taiwan Horeca. Bersama-sama, Food Taipei Mega Shows menciptakan platform terpadu tak tertandingi yang mencakup setiap aspek rantai pasokan industri makanan. Akan ada lebih dari 1.600 exhibitor dan 4.300 booth pada Food Taipei Mega Show tahun ini. Diperkirakan 50.000 orang akan hadir dan memberikan peluang baik lokal maupun global untuk terhubung dengan industri pangan Asia-Pasifik yang dinamis.

Uniknya, tahun ini pengunjung bisa berkunjung ke Future Food Pavilion. Pavilion ini merupakan gerbang informasi untuk mengetahui tren terkini dunia pangan dan tren di masa depan, seperti informasi tentang protein alternatif, teknologi fermentasi yang inovatif, dan lainnya. Selain itu akan ada gambaran tentang kemungkinan-kemungkinan menarik yang ada di masa depan. Ada juga beberapa kegiatan yakni Food Taipei Forum tempat para ahli dan pengambil Keputusan berkumpul; procurement meeting sebagai wadah untuk menjajaki peluang bisnis baru; food mosaic yang menampilkan beragam inovasi gastronomi kuliner; daily savory yang menawarkan petualangan kuliner dan perspektif baru mengenai makanan; serta guided tour yang membantu pengunjung untuk memahami dan menjelajahi Food Taipei untuk mendapat gambaran utuh tentang produk pangan berkualitas, inovatif dan berteknologi mutakhir.

Penyelenggara pameran, Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) mengundang kami Foodreview Indonesia untuk berkunjung ke sembilan pabrik yang menjadi peserta pameran Food Taipei Mega Show 2024. Kami mengunjungi produsen teh bubuk, produsen plant-based food, produsen mesin pengemas dan penyegel, produsen mesin pembuat mie, produsen mesin penghalus dan pencampur, produsen super food, supplier seafood berkualitas tinggi, serta institusi penelitian dan pengembangan produk untuk mengetahui insight yang akan mereka tampilkan pada Food Taipei mendatang. Laporan ini mungkin bisa menjadi alasan Anda untuk berkunjung ke pameran ini nanti. (Fitria BY)

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...