Validasi dan Verifikasi dalam Pengontrolan Alergen di Industri Pangan


 

Validasi dan verifikasi merupakan dua langkah kunci dalam pengendalian alergen di industri pangan. Validasi melibatkan penilaian terhadap efektivitas langkah-langkah pengendalian yang telah diimplementasikan untuk mengurangi risiko kontaminasi alergen. Ini mencakup pengujian bahan baku, evaluasi proses produksi, dan pemahaman terhadap potensi sumber kontaminasi alergen.
 

Sementara itu, verifikasi merupakan proses penegakan yang melibatkan pemantauan terus-menerus untuk memastikan bahwa sistem pengendalian alergen berfungsi sesuai yang diharapkan. Ini mencakup pengujian rutin, audit internal, dan peninjauan secara berkala terhadap kebijakan dan prosedur pengendalian alergen.
 

“Dengan melakukan validasi dan verifikasi secara rutin, industri pangan dapat memastikan bahwa langkah-langkah pengendalian alergen yang diimplementasikan efektif dalam melindungi konsumen yang rentan terhadap reaksi alergi,” ujar Professional Service NEOGEN, Vanessa Agustine dalam Public Training - Comprehensive Food Safety Management System in Commeratuion of World Food Safety Day 7 June 2024 yang diselenggarakan oleh Catalyst Consulting in Collaboration with Neogen di Bogor, pada 7 Juni 2024. 
 

Vanessa melanjutkan bahwa langkah-langkah ini juga membantu industri untuk memenuhi peraturan dan standar keamanan pangan yang ditetapkan oleh pemerintah dan lembaga pengawasan. Dengan demikian, validasi dan verifikasi menjadi bagian integral dari upaya industri pangan dalam menjaga kualitas produk dan memastikan keamanan bagi semua konsumen. Fri-35

 

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2024

    Napindo Kembali Hadirkan Pameran dan Forum Internasional Terbesar di Sektor Peternakan, Perikanan, dan Agribisnis

    PT Napindo Media Ashatama (Napindo) kembali menyelenggarakan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed, Indo Fisheries, Indo Dairy, Indo Agrotech dan Indo Vet 2024 yang akan dibuka pada 17-19 Juli 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Assistant Project Director Napindo, Lisa Rusli mengatakan bahwa pameran pada kali ini akan mengusung tema ketahanan pangan sebagai pilar stabilitas nasional. “Pameran ini menampilkan berbagai segmen mulai dari peternakan, pengolahan hasil ternak, kesehatan hewan ternak, hingga pameran pakan ternak, pengolahan susu, sistem kandang, kebersihan, dan pengemasan hasil olahan susu,” ujarnya dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Senin, 15 Juli 2024 di JCC.  ...

  • Jul 15, 2024

    Pemanfaatan Teknologi Membran dalam Produksi Peptida Bioaktif sebagai Ingridien Pangan Fungsional

    Perubahan pola konsumsi masyarakat dewasa ini memicu transformasi industri pangan. Konsumen kini lebih sadar akan kesehatan dan kelestarian lingkungan, mendorong permintaan terhadap pangan fungsional, yang tidak hanya bergizi dan menyehatkan, tetapi juga diproduksi secara berkelanjutan (sustainable). Hal ini membuka peluang bagi pengembangan teknologi pangan yang inovatif dan ramah lingkungan. ...

  • Jul 08, 2024

    SINBIOTIK & MIKROBIOTA USUS

    Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan terus meningkat. Hal ini mendorong mereka untuk mencari dan memahani berbagai informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satu istilah dan informasi yang kini semakin dikenal masyarakat adalah mikrobiota usus (gut microbiota). Secara umum mikrobiota diartikan sebagai komunitas mikroorganisme pada suatu ekosistem.   ...

  • Jun 28, 2024

    Analisis Sensoris untuk Evaluasi Pengembangan Produk Baru

    Untuk mengevaluasi karakterisiktik suatu produk pangan melalui indra manusia seperti aroma, tekstur, rasa, dan penampilan, sangat diperlukan adanya analisis sensoris. Metodologi analisis sensoris ini diatur dalam standar SNI. Beberapa pengujian yang umum digunakan, yakni metode uji segitiga juga uji deskrpsi. ...

  • Jun 27, 2024

    Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 Hadir Kembali

    Pameran tahunan terbesar di Surabaya, Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 resmi dibuka hari ini, Pameran ini merupakan platform Business to Business yang diharapkan dapat memperluas wawasan para pengusaha pangan dan kemasan tentang potensi pasar di mancanegara sekaligus membentuk jaringan pemasaran mendorong pelaku usaha untuk menghasilkan produk-produk berkualitas serta kompeten.  ...