Fruit Flavor Pada Produk Permen, Tantangan & Perkembangan


Flavor is extraordinary gift of God given to us, with a flavor you can use the sense of taste (tongue) and smell (nose) to feel how wonderful and enjoyable food that we eat. In general, the use of flavor in confectionery products can be categorized based on the target age segment of the candy market. For adult consumers usually leads to mint flavor while for the kids more toward the fruit flavor. On this occasion, we will focus on the fruit flavor, challenge and development.

Permen merupakan makanan ringan yang tidak asing dan bisa dengan mudah ditemui. Pada produk permen, flavor memegang peranan penting untuk menentukan tingkat kesukaan saat dikonsumsi. Oleh karena itu artikel ini akan membahas flavor pada produk permen, khususnya fruit flavor.

 

Saat ini fruit flavor yang paling banyak terdapat di pasar adalah rasa jeruk, stroberi dan tutti frutty. Beberapa produsen permen menjadikan rasa ini sebagai core produknya. Seiring berjalannya waktu, konsumen memerlukan pilihan varian baru. Atas dasar ini lah kemudian muncul tantangan untuk pengembangan flavor. Beberapa contoh dan arah pengembangan fruit flavor pada produk permen sebagai berikut ;
 
1. Memberikan banyak pilihan jenis untuk satu kategori buah.
Satu kategori buah bisa memiliki banyak jenis varian, misalnya buah mangga. Industri bisa memproduksi permen dengan banyak pilihan jenis rasa buah mangga seperti mangga harum manis, cengkir, kweni, gedong, cengkir, ataupun manalagi. Dengan banyaknya pilihan flavor konsumen akan lebih tertarik untuk memilih permen sesuai dengan kesukaannya.
 
2. Mencampur dua atau lebih flavor pada satu produk.
Pencampuran dua atau lebih flavor pada satu produk memberikan kesan baru yang cukup unik. Pengalaman menunjukan konsep ini disukai oleh konsumen. Kini sudah bisa ditemui di pasar permen dengan menggunakan pencampuran dua flavor atau lebih. Tantangannya adalah harus mencari kombinasi rasa buah yang pas sehingga bisa diterima dan disukai oleh konsumen.
 
3. Flavor dengan
sensasi rasa unik.
Sebagai bagian inovasi aplikasi flavor pada produk permen, dapat ditambahkan sensasi unik, misalnya sensasi rasa dingin dengan menambahkan cooling long lasting dengan optimalisasi formulasi dan penggunaan jenis flavor yang tepat. Bahkan di luar Indonesia terdapat permen dengan rasa tanda tanya, konsumen diberikan tantangan untuk menebak rasa dari permen yang mereka konsumsi.
 
4. Flavor yang dapat
berubah rasa saat dimakan.
Saat ini sudah dimungkinkan untuk membuat permen yang rasanya dapat berubah dengan sendirinya saat dikonsumsi. Konsepnya adalah penggunaan teknik mikroenkapsulasi pada flavor yang digunakan. Flavor A di coating dengan flavor B, sehingga waktu pelepasan rasa saat dimakan jadi bertahap. Suatu konsep yang sangat menarik untuk diaplikasikan pada permen yang dikunyah seperti soft candy dan permen karet.
 
5. Penggunaan flavor natural.
Untuk pasar ekspor, terdapat banyak permintaan untuk memproduksi permen dengan menggunakan flavor natural. Meningkatnya kepedulian konsumen untuk back to nature menjadi peluang tersendiri dimasa yang akan datang. Saat ini harga menjadi pertimbangan utama untuk pasar lokal di Indonesia, akan tetapi bukan hal yang mustahil. Sejalan dengan waktu, pasar lokal pun akan mulai ada permintaan.
Ke depan masih banyak peluang untuk pengembangan flavor pada permen. Beberapa potensi lain yang bisa dimanfaatkan diantaranya :
• Optimalisasi potensi lokal. Misalnya Indonesia sebagai negara dengan iklim tropis bisa mengoptimalkan pemanfaatan flavor buah-buahan tropis.
• Pemanfaatan perkembangan teknologi proses untuk menghasilkan produk dengan citarasa yang unik dan menarik.
• Konsumen semakin peduli terhadap kesehatan. Pengembangan flavor natural dengan harga yang lebih terjangkau juga merupakan tantangan tersendiri untuk dilakukan.
Oleh Iwa Sudarmawan
New Product Development Manager
Perfetti Van Melle Indonesia
 
(FOODREVIEW INDONESIA | VOL. VII/NO. 5/MEI 2012)

 

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...