Hari Kokoa Indonesia, Gencar Promosikan Produk Olahan Cokelat Asli Indonesia




Melalui Keputusan Menteri Pertanian No. 3470/Kpts/PD.320/10/2012, Pemerintah menetapkan hari dimana kakao dan cokelat Indonesia di promosikan secara khusus. Tepat setahun lalu, pemerintah meresmikan Hari Kakao Indonesia. Untuk memperingati Hari Kakao, berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan kakao dan cokelat Indonesia diselenggarakan. Tahun ini, Pemerintah dan berbagai stakeholder kakao dan cokelat Indonesia menggelar Cocoa Day Expo di Mall Taman Anggrek Jakarta, selama 5 hari yakni mulai tanggal 18-22 September 2013.

Mengambil tema “Cokelatku, Budayaku, Indonesiaku”, acara ini bertujuan untuk membangun pamor Indonesia sebagai Negara penghasil kakao terbaik ketiga di dunia dan agar dapat menjadi produsen produk olahan (makanan dan minuman) berbahan baku cokelat yang berkualitas.

Selaku ketua penyelenggara hari kakao ini, Adhi Lukman, dalam sambutannya mengatakan, “Hari Kakao Indonesia ini juga diharapkan dapat meningkatkan konsumsi cokelat masyarakat Indonesia yang masih terbilang rendah, yakni hanya 0,25 kg/kapita, masih rendah bila dibandingkan dengan Negara tetangga yang sudah mencapai 10 kg/kapita”. Acara yang didukung oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, serta berbagai industri pangan ini diharapkan dapat mengundang masyarakat luas. Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi mengatakan, “penyelenggaraan hari kakao di mal ini diharapkan dapat mengundang atensi masyarakt luas. Masyarakat supaya lebih mengenal cokelat Indonesia dan tentunya akan lebih menyukai cokelat Indonesia”. Selain pameran produk cokelat dan olahannya, digelar juga lokakarya yang membahas peningkatan sustainabilitas dan produktivitas kakao Indonesia. Ada juga berbagai demo yang menggunakan cokelat, lomba mendekorasi kue dengan cokelat dan berbagai lomba foto.

Adhi menilai, pertumbuhan sektor hilir (industri pengolahan kakao) yang lebih pesat jangan sampai tidak dibarengi dengan perbaikan di sektor hulu. Karena hal ini bisa mengakibatkan ketidaksinambungan. Karena itu diharapkan Hari Kakao Indonesia ini juga dapat memacu bagian hulu industri cokelat Indonesia agar lebih sustain dan produktivitasnya meningkat. Ita

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2024

    Napindo Kembali Hadirkan Pameran dan Forum Internasional Terbesar di Sektor Peternakan, Perikanan, dan Agribisnis

    PT Napindo Media Ashatama (Napindo) kembali menyelenggarakan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed, Indo Fisheries, Indo Dairy, Indo Agrotech dan Indo Vet 2024 yang akan dibuka pada 17-19 Juli 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Assistant Project Director Napindo, Lisa Rusli mengatakan bahwa pameran pada kali ini akan mengusung tema ketahanan pangan sebagai pilar stabilitas nasional. “Pameran ini menampilkan berbagai segmen mulai dari peternakan, pengolahan hasil ternak, kesehatan hewan ternak, hingga pameran pakan ternak, pengolahan susu, sistem kandang, kebersihan, dan pengemasan hasil olahan susu,” ujarnya dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Senin, 15 Juli 2024 di JCC.  ...

  • Jul 15, 2024

    Pemanfaatan Teknologi Membran dalam Produksi Peptida Bioaktif sebagai Ingridien Pangan Fungsional

    Perubahan pola konsumsi masyarakat dewasa ini memicu transformasi industri pangan. Konsumen kini lebih sadar akan kesehatan dan kelestarian lingkungan, mendorong permintaan terhadap pangan fungsional, yang tidak hanya bergizi dan menyehatkan, tetapi juga diproduksi secara berkelanjutan (sustainable). Hal ini membuka peluang bagi pengembangan teknologi pangan yang inovatif dan ramah lingkungan. ...

  • Jul 08, 2024

    SINBIOTIK & MIKROBIOTA USUS

    Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan terus meningkat. Hal ini mendorong mereka untuk mencari dan memahani berbagai informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satu istilah dan informasi yang kini semakin dikenal masyarakat adalah mikrobiota usus (gut microbiota). Secara umum mikrobiota diartikan sebagai komunitas mikroorganisme pada suatu ekosistem.   ...

  • Jun 28, 2024

    Analisis Sensoris untuk Evaluasi Pengembangan Produk Baru

    Untuk mengevaluasi karakterisiktik suatu produk pangan melalui indra manusia seperti aroma, tekstur, rasa, dan penampilan, sangat diperlukan adanya analisis sensoris. Metodologi analisis sensoris ini diatur dalam standar SNI. Beberapa pengujian yang umum digunakan, yakni metode uji segitiga juga uji deskrpsi. ...

  • Jun 27, 2024

    Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 Hadir Kembali

    Pameran tahunan terbesar di Surabaya, Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 resmi dibuka hari ini, Pameran ini merupakan platform Business to Business yang diharapkan dapat memperluas wawasan para pengusaha pangan dan kemasan tentang potensi pasar di mancanegara sekaligus membentuk jaringan pemasaran mendorong pelaku usaha untuk menghasilkan produk-produk berkualitas serta kompeten.  ...