Era Industri Pangan 4.0


 

Semakin canggihnya perkembangan teknologi diiringi dengan semakin cepatnya perubahan informasi di dunia maya, memberikan peluang bagi industri pangan dalam pemenuhan keinginan konsumen yang semakin beragam. 

 

Gaya hidup masyarakat, seperti meningkatnya kesibukan dalam bekerja mengakibatkan berkurangnya konsumsi pangan yang dimasak sendiri di rumah. Selain itu, kesadaran masyarakat akan kesehatan dan keamanan pangan juga semakin meningkat seiring dengan meningkatnya penghasilan masyarakat, sehingga menimbulkan suatu peluang pasar yang harus disikapi dengan baik oleh industri. 

Sebuah seminar bertajuk Food Safety Challenges in The Era of Industry 4.0 yang diselenggarakan di Jakarta, pada  Rabu 5 Oktober 2016 lalu membahas mengenai hal tersebut. 

Informasi mengenai industri pangan 4.0 diulas pada FOODREVIEW INDONESIA Vol XI, No 11, 2016 edisi "Appropriate Packaging" di www.foodreview.co.id.

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...