Gairah Industri Pangan di 2017


 

Indonesia dengan jumlah penduduk lebih kurang 250 juta jiwa, merupakan negara dengan tingkat konsumsi pangan yang tinggi. Berdasarkan data McKinsey & Co (2013), pengeluaran konsumen Indonesia diprediksi naik 7,7% setiap tahun. Disamping itu, terdapat 70 juta penduduk kota yang merupakan masyarakat tingkat konsumsi tinggi dan diperkirakan jumlahnya naik sebesar 5 juta setiap tahun.  McKinsey & Co juga menyatakan bahwa Indonesia menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-16 di dunia dan menguasai 33% Gross Domestic Product (GDP) ASEAN. Ini merupakan peluang yang sangat besar bagi pertumbuhan Industri Pangan di Indonesia. Kendati demikian, dalam menjawab peluang tersebut industri pangan perlu memperhatikan jaminan kualitas dan keamanan pangan yang diproduksinya. 

 

Ketua Komite Teknis Regulasi Pangan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPMMI), Susana dan Guru Besar Rekayasa Proses Pangan, Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor, Prof. Purwiyatno Hariyadi menyampaikan beberapa hal yang perlu dicermati oleh industri panga di tahun 2017 ini. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada FOODREVIEW INDONESIA Vol 1, No 1, 2017 edisi "Innovation Challanges 2017" di www.foodreview.co.id atau pustakapangan.com

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...