Pertumbuhan Pasar Daging Unggas


 

Daging unggas telah menjadi salah satu sumber protein yang banyak menjadi pilihan konsumen, misalnya daging ayam yang telah memasyarakat dan banyak diolah menjadi berbagai produk pangan. Berdasarkan data Rabobank, pasar global daging unggas pada 20 tahun mendatang diperkirakan akan mengalami kenaikan mencapai 60%.

 

Pertumbuhan pasar daging unggas sejalan dengan peningkatan permintaan dunia terhadap daging dan dalam kurun waktu 1980 sampai 2010, persentase daging unggas terhadap keseluruhan jenis daging meningkat dari 23% menjadi 35%. Pada ayam boiler, diperkirakan terjadi peningkatan sebesar 80% dari 2005 sampai 2020 dan peningkatan ini didominasi oleh
produksi ayam boiler di negaranegara berkembang seperti Brazil, Argentina, dan Ukraina.

Baca selengkapnya di FOODREVIEW INDONESIA Edisi Let Food Be Thy Medicine, Mei 2017. www.foodreview.co.id atau pustakapangan.com

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...