Pangan Fungsional, Tren Pangan Global yang Terus Tumbuh


 

Berdasarkan data Innova Market Insight (2017), 2 dari 5 konsumen di US dan Inggris diketahui meningkatkan konsumsi produk-produk yang menyehatkan. Di samping itu, 7 dari 10 konsumen di US dan Inggris memiliki keingintahuan terhadap daftar ingridien yang tertera dalam label kemasan; dan 1 dari 5 konsumen US sangat terpengaruh dengan klaim ethical seperti non-GMO dan organik.

 

ìMelihat dari tren terkini, konsumen menjadi sangat hati-hati atau penuh pertimbangan dalam memilih produk pangan,î tutur Head of Innovation & Development Center Kalbe Nutritionals, Yunawati Gandasasmita dalam In-Depth Seminar Foodreview Indonesia: Functional Beverages, Let Your Beverage Be Your Medicine yang diselenggarakan di Bogor pada 20 Februari lalu. Ia menjelaskan bahwa tren pangan fungsional juga terlihat dari meningkatnya klaim better-for-you di US dari 42% di 2012 menjadi 49% pada 2017.

Prospek dan peluang inovasi produk-produk pangan fungsional dapat dilihat dari tren yang sedang berkembang di masyarakat. Dari beberapa tren yang sedang terjadi, Yuna menjelaskan tiga tren yang erat kaitannya dengan pangan fungsional, yaitu mindful choices, lighter enjoyment dan positively processed. 

Lebih lengkapnya silakan baca di FOODREVIEW INDONESIA edisi Maret 2018 : "Exploring Traditional Functional Ingredients"

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...