Berdasarkan data Innova Market Insight (2017), 2 dari 5 konsumen di US dan Inggris diketahui meningkatkan konsumsi produk-produk yang menyehatkan. Di samping itu, 7 dari 10 konsumen di US dan Inggris memiliki keingintahuan terhadap daftar ingridien yang tertera dalam label kemasan; dan 1 dari 5 konsumen US sangat terpengaruh dengan klaim ethical seperti non-GMO dan organik.
ìMelihat dari tren terkini, konsumen menjadi sangat hati-hati atau penuh pertimbangan dalam memilih produk pangan,î tutur Head of Innovation & Development Center Kalbe Nutritionals, Yunawati Gandasasmita dalam In-Depth Seminar Foodreview Indonesia: Functional Beverages, Let Your Beverage Be Your Medicine yang diselenggarakan di Bogor pada 20 Februari lalu. Ia menjelaskan bahwa tren pangan fungsional juga terlihat dari meningkatnya klaim better-for-you di US dari 42% di 2012 menjadi 49% pada 2017.
Prospek dan peluang inovasi produk-produk pangan fungsional dapat dilihat dari tren yang sedang berkembang di masyarakat. Dari beberapa tren yang sedang terjadi, Yuna menjelaskan tiga tren yang erat kaitannya dengan pangan fungsional, yaitu mindful choices, lighter enjoyment dan positively processed.
Lebih lengkapnya silakan baca di FOODREVIEW INDONESIA edisi Maret 2018 : "Exploring Traditional Functional Ingredients"