Inovasi produk seasoning dengan ekstrak ragi


 

 

 

Menanggapi berbagai tren produk pangan yang berkembang, terutama terkait dengan pengurangan BTP, tentu akan berdampak pada cita rasa produk pangan. Untuk dapat mempertahankan cita rasa tersebut maka dibutuhkan bahan  yang dapat menyubstitusi sehingga tidak mengubah rasa dari produk pangan. Salah satu langkah yang dapat diterapkan adalah dengan penggunaan ekstrak ragi. Ingridien ini dihasilkan dari 100% ragi produk bakeri yang sangat aman karena diperoleh secara alami. Ekstrak ragi juga memiliki cita rasa umami dan kokumi yang dapat memperkaya flavor produk pangan. ìDari segi rasa, ekstrak ragi memiliki cita rasa umami dan kokumi, sehingga penggunaan ekstrak ragi sebagai ingridien pangan sangat tepat, terutama dilihat dari aspek yang lain seperti kesehatan dan zat gizinya,î tutur Extract Yeast R&D Senior Manager Angel Ragi, Chris Guo yang disampaikan dalam In-depth Seminar Foodreview Indonesia: Seasonings, Key Ingredients for Better Food Quality yang diselenggarakan di Bogor beberapa waktu lalu. 

Dari segi keamanan pangan, ekstrak ragi merupakan ingridien pangan yang aman dan regulasinya telah diatur dalam badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA, Food and Drug Administration), ekstrak ragi juga dapat dikonsumsi oleh pelaku vegetarian. 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Juni 2018: Dairy Opportunity.
Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...