Industri Pangan Menangkap Peluang Pasar Halal


 

Halal menjadi salah satu peluang pasar yang besar untuk produk pangan. Berdasarkan data Global State of Islam Economic, permintaan produk halal diproyeksikan mengalami laju pertumbuhan 9% di mana pada tahun 2013 nilainya sebesar 2 milyar USD menjadi 3,7 milyar USD pada tahun 2019. Dilihat dari pertumbuhan jenis-jenis produk halal, data Halal Industry Development Corporation menyebutkan bahwa produk kosmetik mempunyai potensi pasar yang paling tinggi, diikuti produk pertanian, farmasetikal, lembaga keuangan syariah, logistik, dan industri wisata.

 

Tidak hanya di negara dengan mayoritas muslim, banyak negara yang menangkap halal sebagai peluang untuk pengembangan ekonominya, misalnya Taiwan yang beberapa tahun terakhir mulai memperkenalkan diri sebagai negara yang ramah terhadap muslim. Hal ini dapat dilihat dari adanya fasilitas ibadah seperti tempat shalat dan petunjuh arah kiblat yang terdapat di beberapa hotel dan tempat wisata.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2018, Beverages: nutrition matters. Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...