Aspek Sensori dalam Pengembangan Produk Pangan


Aspek sensori merupakan penilaian pertama dari suatu produk pangan. Hal ini jugalah yang menjadi dasar pembeda suatu produk pangan dengan produk farmasi.

Managing Director Foodreview Indonesia, Suseno Hadi Purnomo mengungkapkan bahwa sensori menjadi sangat penting utamanya untuk mengembangkan suatu produk baru. 

"Ada pola pikir yang berbeda antara produsen dan konsumen. Di sinilah peran ilmu dan pengaplikasian sensori dapat menjembatani antara kebutuhan dan keinginan konsumen. Terutama untuk proses pengembangan produk baru," jelasnya dalam Professional Workshop Foodreview Indonesia dengan tema Advanced Application of Sensory Evaluation in Food Industry and Its Challenges yang diselenggarakan di Bogor, 18 Desember 2019. 

Dalam kesempatan yang sama, Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, Dr. Dede R. Adawiyah menyebutkan pentingnya manusia sebagai seorang panelis di sebuah uji sensori. 

"Manusia masih menjadi panel paling kritikal sekaligus sumber dari galat terbesar. Namun, hingga saat ini pun belum ada instrumen yang bisa menguji selengkap yang dimiliki oleh indra manusia," pungkasnya. Fri-35

 

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...