Kondisi UMKM Pangan 2021


 

COVID-19 mengakibatkan ekonomi Pola belanja konsumen juga turut Indonesia mengalami kontraksi ekonomi sejak triwulan ke-2 tahun 2020, dalam tahap ini industri pengolahan masih bertahan tumbuh meski hanya 0,2% dan perlahan membaik pada triwulan ke-3 tahun 2020 dengan tumbuh + 0,6%. Kondisi ini tidak hanya menimpa perusahaan besar tetapi juga terhadap sektor Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). UMKM di bidang kuliner yang mempunyai warung, café, terutama yang berada di area perbelanjaan modern mengalami penurunan yang sangat drastis, termasuk bidang travel.

 

Pola belanja konsumen juga turut berubah seperti lebih memilih produk yang dapat memberikan rasa aman. Selain itu, memprioritaskan produk dengan dampak positif pada kesehatan juga menjadi salah satu pola konsumsi konsumen saat ini yang berdampak pada UMKM pangan. Untuk itu, UMKM produsen pangan minuman herbal, pangan siap saji, pangan yang relatif mempunyai masa simpan lebih lama, mendapat keuntungan dari kondisi COVID-19 ini, dengan omzet yang cenderung meningkat.

Lebih lengkapnya silakan baca secara langsung Foodreview Indonesia edisi Januari 2021: Meneropong Industri Pangan 2021 dengan fitur digital interaktif kami akses di http://bit.ly/foodreviewjan21online

Tidak mau ketinggalan setiap edisinya? 
Daftar langsung untuk berlangganan (GRATIS) https://bit.ly/FRIDIGITAL

Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id/(0251) 8372-333/WhatsApp: 0811-1190-039. 
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE

#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #meneropong #industri #pangan #2021

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...