Tekstur pangan merupakan salah satu atribut fisik dan sensori yang digunakan konsumen untuk menilai mutu produk pangan. Bahkan, untuk beberapa jenis produk pangan, atribut tekstur bersifat krusial, berperan sebagai penciri utama, dan menentukan keseluruhan mutu produk tersebut. Contoh produk demikian antara lain keripik, kerupuk, biskuit, dan bahkan daging (steak). Produk- produk tersebut dinyatakan sebagai defect (cacat) dan karenanya akan ditolak, jika teksturnya tidak sesuai. Beberapa produk yang lain, peranan tekstur tidak sedemikian kritis, tetapi tetap berperan penting dalam menentukan mutu, tetapi bukan penciri utama. Contoh produk demikian adalah berbagai buah segar, berbagai produk panggang (rerotian), permen, produk cair kental dan lain-lain.
Lebih lengkapnya silakan baca secara langsung FoodReview Indonesia edisi Juli 2022: Tantangan Pengembangan Pangan Olahan dengan fitur digital interaktif yang dapat diakses pada https://bit.ly/juli22onlinefri
Tidak mau ketinggalan setiap edisinya?
Daftar langsung untuk berlangganan (GRATIS) https://bit.ly/FRIDIGITAL
Gabung dan lengkapi koleksi majalah FoodReview:
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE
#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #food #pangan #tantangan #pengembangan #pangan #olahan #food #processing #new #issue #magazine