Ketersediaan Daging di Indonesia


 

Ketersediaan daging adalah kondisi tersedianya daging dari hasil produksi dalam negeri, serta asal impor apabila sumber utama (hasil produksi dalam negeri) tidak dapat memenuhi kebutuhan. Kebutuhan daging sapi diperkirakan mencapai 700.000 ton atau setara dengan 3,6 juta ekor sapi, namun produksi daging sapi dalam negeri hanya sebanyak 400.000 ton sapi per tahun. Untuk memenuhi hal ini, dikembangkan konsep swasembada daging sapi di mana ketersediaan sapi minimal 90% untuk dikonsumsi dipasok dari sapi domestik, sementara 10% sisanya dipenuhi melalui impor baik dalam bentuk sapi bakalan maupun daging sapi beku. Kementerian Koordinator Perekonomian dalam menghitung prognosa kebutuhan daging sapi menggunakan angka konsumsi 2,56 kg/kapita/tahun. Pada tahun 2026, diproyeksikan penduduk Indonesia berjumlah 292 juta jiwa.

 

Lebih lengkapnya silakan baca secara langsung FoodReview Indonesia edisi 
Agustus 2022: Camilan dan Gaya Hidup Sehat dengan fitur digital interaktif yang dapat diakses pada https://bit.ly/agustus22onlinefri

Tidak mau ketinggalan setiap edisinya?
Daftar langsung untuk berlangganan (GRATIS) https://bit.ly/FRIDIGITAL 

Gabung dan lengkapi koleksi majalah FoodReview:
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity 
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE

#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #food #pangan #camilan #gaya #hidup #sehat #snacking #healthy #lifestyle #new #issue #magazine

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...