Pertumbuhan Industri Susu


 

Struktur populasi konsumen Indonesia saat ini didominasi oleh generasi Z dan milenial. Kedua generasi ini merupakan konsumen potensial yang dapat mengubah suatu sistem dengan karakteristik yang kurang loyal, dinamis, dan selalu mencari pengalaman baru. Terkait dengan perkembangan produksi susu sapi perah di Indonesia, Andrew menuturkan bahwa masih banyak sekali kebutuhan yang perlu dipenuhi dan paling besar masih diisi oleh impor, untuk itu butuh suatu intervensi agar pemenuhan susu nasional dapat dapat dipenuhi di dalam negeri. Untuk industri pengolahan susu, dikatakan ada sekitar 48 industri dengan 15 di antaranya menyerap susu dari petani lokal. Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah dengan meningkatkan konsumsi susu dan menjalin kerja sama dengan petani dairy serta berinvestasi dengan industri susu baik hulu dan hilir. Target produksi susu lokal adalah 60% di tahun 2025, sedangkan data saat 2020 masih di angka 40%. 

 

Lebih lengkapnya silakan baca secara langsung FoodReview Indonesia edisi November 2022: Dairy Innovation Challenges dengan fitur digital interaktif yang dapat diakses pada https://bit.ly/frinovember22online

Tidak mau ketinggalan setiap edisinya?
Daftar langsung untuk berlangganan (GRATIS) https://bit.ly/FRIDIGITAL 

Gabung dan lengkapi koleksi majalah FoodReview:
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity 
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE

#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #food #pangan #diary #innovation #challenges #new #issue #magazine #november

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...