
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenKumHam) RI telah mengumumkan tahun 2023 sebagai tahun merek. Sebagai pertimbangan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI melaporkan bahwa bisnis lisensi dan waralaba Indonesia mampu menyerap 600.000 tenaga kerja dari 93.000 gerai industri yang dibuka dengan total omzet mencapai 54,4 miliar.
Bisnis lisensi ini terus meningkat karena adanya pelaku usaha baru dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terus bertambah. Ada tiga sektor yang paling banyak diminati dalam bisnis ini yakni F&B, ritel, dan jasa. Menangkap potensi tersebut, ASENSI bersama dengan IMEI krista Exhibitions mengadakan the 3rd Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 yang akan dilaksanakan pada bukan Juni, September, dan Oktober 2023.
“Bisnis lisensi yang khusus waralaba atau franchise di Indonesia tumbuh 5% dengan omzet mencapai 31,1 triliun pada 2021. Data dari Kemendag menunjukkan bahwa bidang usahan waralaba didominasi jasa makanan dan minuman, untuk itu, Pameran Lisensi ke-3 diharapkan dapat mendukung program-program pemerintah seperti Gerakan Merek Lokal Indonesia dan Bangga Buatan Indonesia,” tutur Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Kasan.
Ia juga menambahkan agar pameran ini dapat meningkatkan semangat berwirausaha dan menjadi momentum kebangkitan bagi para pengusaha merek dan produk lokal Indonesia termasuk para pelaku waralaba. Fri-35