Pameran ILE 2023 Pacu Bisnis Lisensi dan Waralaba di Indonesia




Lisensi dan Franchise merupakan salah satu solusi yang tepat bagi para pengusaha dalam mengawali bisnis atau berwirausaha. Tren pertumbuhan bisnis lisensi dan franchise meningkat tahun ini seiring naiknya permintaan dan respons masyarakat. Pelaku usaha lisensi dan franchise, khususnya lisensi merek dan produk lokal, serta para UMKM kembali bersemangat untuk mengembangkan atau melebarkan gerai kemitraannya.

Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) Susanty Widjaya mengatakan,“pertumbuhan bisnis lisensi dan franchise atau waralaba di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup significant beberapa tahun ini. Demikian pula peningkatan kesadaran pelaku terhadap pentingnya perlindungan HKI di Indonesia juga meningkat pesat sejak 2019 lalu, ini terbukti dengan jumlah merek terdafar di tahun 2022 naik dan berkembang pesat dari 72.211 merek menjadi lebih dari 2 juta merek terdaftar." 

Ia menyampaikan hal itu dalam Pameran The 3rd Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) resmi digelar pada 11 Oktober 2023 sampai 14 Oktober 2023 di JIExpo Kemayoran Jakarta. Pameran ini dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaran pameran AllPack & AllPrint 2023.

”Kami mengajak masyarakat dan para pelaku untuk bangkit bersama dan turut berpartisipasi serta berinvestasi dalam bisnis licensing atau lisensi, franchise atau waralaba juga berbagai peluang usaha untuk menggiatkan perekonomian Indonesia. Kami juga mendorong pelaku-pelaku bisnis lisensi atau licensing seperti IP atau Intellectual Property, franchise atau waralaba merek lokal dan international untuk terus dapat tumbuh dan berkembang. Tidak hanya untuk melayani kebutuhan pasar dalam negeri, melainkan juga untuk merambah ke pasar luar negeri dan bersaing di pasar global," kata Susanty.

Selain menampilkan berbagai merek waralaba dan lisensi, Asensi juga memperkenalkan logo L sebagai logo Lisensi sebagai bentuk kepedulian bersama dengan kemendag dalam meningkatkan dan mengembangkan lisensi merek lokal Indonesia agar dapat menjadi usaha lisensi bahkan waralaba Indonesia yang mumpuni dan sebagaj merek yang tervalidasi.

Dalam pameran tersebut, hadir juga dalam peresmian pameran ILE yang digelar untuk yang ke-3 kalinya Ketua Umum GIPI dan PHRI Hariyadi Sukamdani. Ia sangat mendukung semua kegiatan Asensi terutama untuk pertumbuhan merek lokal dan juga pertumbuhan perekonomian Indonesia.

CEO Krista Exhibitions Daud D Salim juga menyatakan dukungan penuh dalam menyelenggarakan pameran ini, yang merupakan momentum kebangkitan bagi para pelaku usaha untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia yang semakin baik khususnya pada industri lisensi dan franchise. "Pameran ini tentunya mendorong para pelaku bisnis lisensi dan franchise lokal dalam mengembangkan usaha dan membuka peluang bagi pengunjung yang ingin mencoba bisnis waralaba,” kata Daud.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan RI Isy Karim, M.Si. dalam kesempatan itu menyampaikan dalam rangka menjaga konsistensi pertumbuhan ekonomi domestik, maka peran dan dukungan terhadap kewirausahaan harus mendapat perhatian sebesar-besarnya. Kementerian Perdagangan Indonesia juga menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Asensi yang secara konsisten dan berkelanjutan memberikan kontribusi berharga untuk pembangunan nasional khususnya sektor lisensi, waralaba, dan merek-merek lokal. Kementerian Koperasi dan UKM R.I. yang diwakili oleh Ibu Assistant Deputi Pengembangan Bisnis dan Konsultasi, Destry Anna Sari juga menyatakan dukungannya atas perkembangan lisensi merek dan produk UMKM lokal. FRI-08

Artikel Lainnya