Flavor Khas Indonesia


 

Indonesia terkenal kaya akan keragaman hayati, seperti berbagai rempah-rempah, bunga-bungaan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Indonesia juga kaya dengan beragam masakan yang enak dan disukai oleh berbagai kalangan dari berbagai penjuru dunia. Kekayaan ini seharusnya dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan berbagai produk khas Indonesia khususnya flavor.

 

Flavor khas Indonesia bisa kita bagi menjadi beberapa kelompok yaitu, kelompok bahan penyegar, rempah-rempah dan herba, buahbuahan, bunga-bungaan dan savoury. Dari kelompok bahan penyegar kita bisa masukkan teh, kopi dan coklat.Dari ketiga bahan ini, baru beberapa jenis kopi yang dikenal sebagai kopi khas Indonesia seperti kopi
Gayo dari Aceh, kopi Toraja dari Sulawesi, kopi Kintamani dari Bali, kopi Jawa dari Jawa.

Selengkapnya Dr. Anton Apriyantono, Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Bakrie akan memaparkan tentang flavor khas Indonesia di FOODREVIEW INDONESIA Edisi Indonesian Flavors: Spicing Up The World, April 2017 di www.foodreview.co.id atau pustakapangan.com

 

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...